Apa Itu Blog, Blogger, Blogging, dan Sejarahnya?

Blog adalah sebuah situs atau bagian dari sebuah situs, yang berisi konten dengan gaya bahasa informal yang diperbarui secara berkala, dikelola oleh satu atau beberapa orang.

Blog adalah salah satu dari beberapa jenis website. Contoh jenis website yang lain misalnya ecommerce, company profile (corporate), news site, community, crowdfunding, dan forum.

Jenis website yang mirip dengan blog adalah news site. Bedanya, gaya bahasa yang digunakan oleh news site lebih formal.

Orang yang mengelola blog disebut blogger. Sedangkan aktifitas mengelola blog disebut blogging, atau dalam bahasa kita sehari-hari sering disebut dengan ngeblog.

Entah berapa tepatnya jumlah blogger sekarang ini, yang jelas banyak sekali. Mereka ngeblog dengan berbagai macam alasan. Ada yang buat curhat, cari uang, berbagi ilmu, branding, dll.

Di awal kelahirannya, blog digunakan sebagai catatan personal saja.

Sejarah Singkat Blog

Blog pertama di dunia adalah Links.net, situs personal yang dibuat oleh Justin Hall pada 1994. Situsnya berisi foto-foto dan kumpulan links situs lain yang disukai oleh Justin Hall.

Setelah itu muncullah situs-situs personal serupa. Kebanyakan berbentuk online diary tempat berbagi kehidupan pribadi. Salah satunya adalah milik Jorn Barger dengan situsnya yang bernama Robot Wisdom.

Pada 1997 Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog. Dua tahun kemudian, pada 1999, Peter Merholz memperkenalkan istilah blog, kependekan dari weblog, yang selanjutnya istilah blog menjadi populer hingga sekarang.

Di tahun 1999 itu jumlah blog masih sangat sedikit. Menurut Jesse James Garrett hanya ada 23 blog!

Dulu, ngeblog tidak semudah sekarang di tahun 2018. Apalagi dulu jarang orang yang mempunyai akses ke komputer apalagi internet. Sekarang, ngeblog pun bisa dilakukan lewat smartphone.

Kalau tidak salah ingat saya pertama ngeblog tahun 2007 menggunakan Blogger. Waktu itu banyak teman saya yang sudah lama ngeblog dan belajar SEO. Saya ngeblog di warnet menggunakan komputer dengan monitor tabung.

Kemudian saya beralih ke CMS Joomla! di tahun 2008. Lalu memilih WordPress sejak sekitar 2010 hingga sekarang.

Sejarah Singkat Beberapa Blogging Platform

WordPress sekarang menjadi salah satu blogging platform paling populer. Ia mudah digunakan, didukung dengan banyak sekali theme dan plugin, juga berbagai komunitas pengguna WordPress.

Jauh sebelum WordPress, ada Open Diary, blogging platform pertama yang muncul pada 1998. Pencetusnya adalah Bruce Ableson. Open Diary mempunyai fitur yang mengijinkan para penggunanya bisa saling membaca masing-masing blog, dan berinteraksi melalui komentar.

LiveJournal diperkenalkan pada 1999, dibuat oleh Brad Fitzpatrick dari perusahaan Dangan Interactive. LiveJournal merupakan blogging platform pertama yang tersedia gratis. Brad awalnya membuat LiveJournal sekedar untuk tetap berhubungan dengan teman-teman SMA-nya.

Pada 1999 juga muncul social networking bernama Xanga, yang pada 2000 menambahkan fitur blog.

Blogger juga lahir di tahun 1999, dibuat oleh perusahaan bernama Pyra Labs dari San Fransisco. Blogger menjadi sangat populer hingga sekarang. Pada tahun 2003 Blogger dibeli oleh Google.

TypePad diluncurkan ke publik pada 2003 oleh perusahaan bernama Six Apart. Platform ini berbayar, dan penggunanya mendapatkan domain .com.

Pada tahun 2003 pula Matt Mullenweg dan Mike Little meluncurkan WordPress, yang dibuat berdasarkan B2/Cafelog besutan Michel Valdrighi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *