Cara Mendapatkan Uang dari Blog

“Gimana sih, cara mendapatkan uang dari blog?” Itu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh blogger.

Yang bertanya seperti itu saya lihat sebagian adalah blogger yang sudah cukup lama ngeblog. Mereka ingin menghasilkan uang dari blog tapi tidak tahu caranya.

Ada juga yang sudah tahu caranya tapi masih bingung menentukan cara mana yang cocok buat dirinya.

Sebelum membahas sumber-sumber penghasilan blog, kita pahami dulu yuk kaidah dasar bagaimana blog bisa menghasilkan uang.

Untuk bisa menghasilkan uang, sebuah blog harus mempunyai audiens (visitor). Kepada para visitor itulah, kita “menjual” sesuatu untuk mendapatkan penghasilan.

Karena itu trafik sangatlah penting. Tanpa trafik kita tidak mempunyai audiens untuk ditawari sesuatu.

Penghasilan blog sendiri bisa berupa uang atau barang, namun biasanya blogger lebih menyukai mendapatkan uang.

Nah, jika blog kamu sudah mempunyai audiens, berarti siap digunakan untuk mencari uang. Tapi bagaimana caranya?

Yuk kita bahas apa saja sumber penghasilan blog dan tips-tipsnya.

Sponsored Post

Perusahaan/brand beriklan di blog kamu dalam bentuk artikel. Kadang brand menaruh backlink di dalam artikel, tapi kadang tidak.

Artikel tersebut isinya mempromosikan brand. Yang dipromosikan bisa event, jasa, atau produk. Sehingga artikelnya bisa berupa berita, atau review produk/jasa.

Artikel kadang disediakan oleh brand, namun tak jarang blogger disuruh menulis sendiri dari bahan yang disediakan oleh brand.

Dulu saya punya lifestyle blog, dan pernah menerima job sponsored post beberapa kali. Saya dibayar puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Lupa jumlah tepatnya yang jelas paling besar dibawah 300 ribu.

Tips Mendapatkan Job Advertorial/Sponsored Post

Bergabunglah dengan komunitas blogger sesuai niche blog kamu. Bisa juga sesuai gender, misalnya komunitas blogger wanita.

Cari di Facebook grup tempat berkumpulnya blogger dan pemberi job. Coba cari dengan keywords “job untuk blogger”. Bergabunglah dengan grup-grup yang kamu temukan, cukup sering di grup itu di-posting job sponsored post untuk blogger.

Google Adsense

Google Adsense sangat populer di kalangan blogger Indonesia sebagai sumber penghasilan blog.

Prosesnya adalah kamu mendaftarkan blog kamu di Google Adsense. Lakukan instruksi yang diberikan lalu tunggu persetujuan dari mereka. Jika pendaftaranmu disetujui, pada dasarnya kamu bisa langsung mencari uang dengan Adsense.

Kamu memasang iklan dari Adsense di blog, lalu jika ada visitor yang klik iklan itu maka kamu mendapatkan sedikit uang. Semakin banyak klik semakin banyak penghasilanmu.

Setelah penghasilanmu mencapai $100, uangnya bisa kamu cairkan.

Tips Bermain Google Adsense

Butuh trafik yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari Adsense. Apalagi jika situsmu berbahasa Indonesia. Per klik iklan di situs bahasa Indonesia nilainya jauh lebih kecil dibanding situs berbahasa Inggris.

Content/Link Placement

Mirip dengan sponsored post, bedanya content/link placement digunakan untuk membangun backlink.

Content placement berarti brand atau personal memberi artikel untuk di-publish di blog kamu (kadang kamu bisa juga disuruh menulis artikel sendiri), dimana di dalam artikel dipasang backlink yang mengarah ke situs mereka.

Link placement berarti brand/personal memasang backlink pada artikel yang sudah ada di blog kamu.

Bayarannya kurang lebih sama dengan sponsored post.

Tips Mendapatkan Job Content/Link Placement

Lihat di atas pada bagianĀ Tips Mendapatkan Job Advertorial/Sponsored Post.

Affiliate Marketing

Cara kerjanya adalah kamu merekomendasikan produk orang/pihak lain kepada visitor blog-mu. Jika visitor-mu membeli produk tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi penjualan.

Cara mempromosikannya bisa dengan memasang banner iklan, atau menulis review produk. Bisa juga dengan menyelipkan produk itu di dalam artikelmu.

Misal kamu menulis tentang resep masakan tertentu, maka kamu bisa sedikit merekomendasikan alat masak yang bagus. Misalnya alat masak itu adalah wajan, kamu bisa memasang link yang mengarah ke produk yang kamu rekomendasikan itu.

Besarnya komisi penjualan yang kamu terima bermacam-macam, tergantung program afiliasi yang kamu ikuti. Untuk afiliasi dengan target pasar Indonesia ada Lazada, Blibli, Traveloka, dsb. Untuk afiliasi dengan target internasional ada Amazon, Clickbank, Commission Junction, dsb.

Saya sendiri menyukai program afiliasi Amazon. Karena pilihan produk/nichenya sangat banyak, sehingga mudah dibaurkan dengan niche website kita.

Tips Seputar Affiliate Marketing

Enaknya affiliate marketing adalah, tugas kita hanya mempromosikan produk. Selanjutnya semua diurus oleh penjual mulai dari penjualan, pengiriman, hingga komplain. Kita juga bebas memilih produk yang ingin kita promosikan.

Blog dengan trafik yang tidak terlalu tinggi bisa mendapatkan hasil yang lumayan dari affiliate marketing. Syaratnya, trafiknya betul-betul tertarget. Menargetkan buying keywords, menyasar visitor yang memang siap membeli produk.

Jangan promosikan produk yang tidak sesuai dengan niche blog kamu. Jika blog kamu tentang wisata maka visitor-mu pun orang-orang yang tertarik/menyukai wisata. Maka percuma jika kamu mempromosikan produk yang tidak ada hubungannya dengan wisata, misalnya mesin cuci.

Jual Jasa

Jika kamu mempunyai keahlian di bidang tertentu, mungkin ada visitor blog-mu yang membutuhkan keahlianmu itu. Kamu punya audiens, dan punya skill, gabungan keduanya bisa menghasilkan uang untukmu.

Buatlah halaman tersendiri di blog-mu untuk mempromosikan jasamu. Buatlah detil jasa yang kamu tawarkan berikut tarifnya. Jika kamu sudah punya beberapa karya, buatlah juga halaman lain untuk menampilkan portfolio-mu.

Jenis jasa yang kamu tawarkan tidak harus setema dengan niche blog. Misal blog-mu tentang kuliner dan kamu menawarkan jasa desain grafis, tidak masalah. Siapa tahu ada visitor yang butuh logo untuk bisnis rendang kalengnya.

Tips Menjual Jasa

Dari pengalaman saya jual jasa web design dan SEO sejak tahun 2008, paling tidak ada 4 tips yang bisa saya bagi:

  1. Minta DP, minimal 50%. DP penting untuk modal bekerja (beli cemilan, teh/kopi, dll), juga berjaga-jaga jika klien kabur tidak membayar.
  2. Tambah skill. Peningkatan kualitas itu penting agar tetap laku, juga untuk mengimbangi perkembangan pasar.
  3. Promosi. Lakukan dengan rajin, mungkin tidak langsung menghasilkan tapi suatu saat bisa mendatangkan klien.
  4. Siap-siap sepi job. Bisa diakali dengan mengontak klien-klien lamamu apakah mereka butuh jasamu. Jika mereka butuh tentu berpotensi menyewa jasamu lagi karena sudah mengenalmu dan kualitasmu.

Jual Produk

Menjual produk yang sesuai dengan niche blog bisa mendatangkan penjualan yang bagus. Katakanlah blog kamu isinya tentang dunia kepenulisan. Maka visitor-nya pun rata-rata orang yang suka menulis.

Dan, orang yang suka menulis biasanya suka membaca.

Jika kamu berjualan buku seputar penulisan dan buku-buku tema lainnya, kemungkinan besar cukup banyak visitor-mu yang akan membeli.

Kamu juga bisa menjual produk digital, seperti yang dulu saya lakukan. Saya dulu mempunyai blog tentang web design. Di blog itu saya juga jualan WordPress theme, alhamdulillah lumayan laku.

Tips Menjual Produk di Blog

Jika produmu banyak, saya sangat menyarankan untuk menginstal online shop. Untuk blog berbasis WordPress bisa menggunakan WooCommerce.

Eksplorasi produk apa saja yang bisa dijual di blog. Kemungkinannya luas, lho. Saya beri contoh apa saja yang bisa dijual di blog wisata:

  • Foto-foto hasil jepretanmu sendiri.
  • Buku panduan wisata, ransel, kamera, dll.
  • Panduan wisata yang kamu tulis berdasarkan pengalaman sendiri.
  • Kaos, topi, sticker.
  • Poster, kartu pos, kartu ucapan yang ada foto destinasi wisata tertentu.

Penutup

Kalau ditekuni sungguh-sungguh blog memang bisa menjadi sumber penghasilan. Kalau ngeblognya main-main, jangan harap bisa dapat uang dari blog. Kalaupun dapat uang, paling juga tidak seberapa.

Perlakukan blog-mu sebagai sebuah binis, niscaya hasil yang didapat juga besar.

Blogging itu butuh kerja keras, apalagi jika kamu baru mulai. Di awal-awal ngeblog harus siap untuk tidak mendapatkan penghasilan apapun. Hal itu bisa berlangsung dalam hitungan bulan, bahkan 1-2 tahun.

Bangunlah audiens/trafik untuk blog-mu. Setelah itu cobalah beberapa cara mendapatkan uang dari blog diĀ  atas hingga menemukan yang paling cocok untukmu. Kamu juga bisa menerapkan lebih dari satu cara di blog-mu.

Banyak belajar, banyak mencoba, banyak gagal… itu biasa. Jangan berhenti, seperti mengayuh sepeda, lama-lama kamu akan sampai ke tujuan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *