Content Placement di Blog Lokal

Teknik ini mengharuskan kita “membeli” backlink dari blogger. Content placement adalah menempatkan/menerbitkan konten di situs orang lain dengan memberikan imbalan.

Konten idealnya berupa artikel, namun bisa juga gabungan antara artikel dan infografis. Sedangkan imbalan yang kita berikan umumnya berupa uang, atau bisa juga produk/jasa.

Dengan teknik ini kita bisa memperoleh banyak backlink berkualitas dalam waktu singkat. Berikut ini langkah-langkahnya.

Persiapan

  • Tentukan jumlah backlink yang ingin kita peroleh, misalnya 20.
  • Siapkan 20 artikel berkualitas (sejumlah target backlink), bisa ditulis sendiri atau menyewa jasa penulis.
  • Siapkan imbalan untuk blogger yang berupa uang, atau produk, atau jasa, atau apapun.

Mencari Blogger yang Menerima Content Placement

Ada 2 cara mendapatkan blogger yang menerima content placement di blog-nya, lewat Google dan grup Facebook.

Mencari Blogger Menggunakan Grup Facebook

Silakan bergabung di Facebook group “Job untuk Blogger” dan “Info Job Untuk Blogger & Netizen” atau grup lainnya yang sejenis.

Lalu posting job di sana. Jangan lupa tentukan syarat-syaratnya misal minimal DA/PA, jumlah imbalan, dsb.

Saran: jika jumlah imbalan kita tentukan, mohon jangan terlalu murah (misal 50 ribu), kasihan blogger-nya. Minimal berilah 100 ribu untuk blog kualitas standar, dan beri lebih untuk blog yang berkualitas.

Nanti para blogger akan banyak yang mendaftar di job kamu. Ada setidaknya 2 cara “menampung” para blogger itu, pertama menggunakan email, kedua menggunakan Google Form.

Contoh job + email:

Halo, saya lagi nyari 20 blog untuk keperluan link building klien saya. Ketentuan:

(1) Domain TLD.
(2) Niche wisata (lebih disukai pernah membahas wisata atau kuliner Jogja).
(3) Bersedia menerbitkan 1 artikel wisata atau kuliner Jogja (tulisan disediakan) yang di dalamnya ada 1 link mengarah ke situs klien.
(4) DA minimal 10.
(5) Belum pernah menerima job dari NamaKlien.com.
(6) Berbahasa Indonesia.

Yang berminat silakan kirimkan URL blog dan fee yang diminta ke alittlewhite2008@gmail.com. Hanya yang blognya diapprove yang akan saya hubungi.

Kelebihan job + email: Dari awal ada history percakapan kita dengan blogger di email, termasuk harga. Sehingga kita dan blogger tidak akan saling mengingkari harga misalnya, karena sudah tercatat.

Kekurangannya: Butuh mengorganisir data di spreadsheet software atau Google spreadsheet. Lalu akan ada orang-orang yang mengirim email menawarkan blog atau kumpulan blog (PBN) mereka, bahkan di saat kita tidak membuka job content placement (spam).

Contoh job + Google Form:

Salam, saya lagi butuh 20 blog untuk keperluan link building klien saya. Persyaratannya:

(1) Domain TLD.
(2) Niche teknologi (lebih disukai pernah membahas printer atau kamera).
(3) Bersedia menerbitkan 1 artikel (tulisan disediakan) yang di dalamnya ada 1 link mengarah ke situs klien saya.
(4) DA minimal 15.
(5) Belum pernah menerima job dari NamaKlien.com.
(6) Berbahasa Inggris.
(7) Setuju dengan fee sebesar Rp 150.000,-.

Yang berminat silakan isi form berikut: [link Google Form]. Hanya yang blognya diapprove yang akan saya hubungi.

Kelebihan job + Google Form: data dengan mudah dapat di-convert ke spreadsheet. Kekurangannya kadang ada blogger yang setelah dikontak tidak setuju dengan fee yang sudah kita tentukan.

Mengontak Blogger

Setelah data blog terkumpul, pilih blog yang memenuhi persyaratan. Blog yang tidak memenuhi persyaratan bisa dihapus atau ditandai (siapa tahu nanti kita butuhkan).

Email blogger satu per satu bahwa mereka terpilih untuk diberi job, lampirkan juga artikelnya. Beri batas waktu maksimal kapan artikel harus diterbitkan, misal 10 hari.

Setelah artikel terbit minta blogger untuk memberikan URL-nya dan nomor rekening mereka. Cek setiap artikel yang sudah terbit, jika ada kesalahan segera kontak blogger agar diperbaiki. Jika tidak ada kesalahan, segera bayar blogger.

Mencari Blogger Menggunakan Search Engine/Google

Lakukan pencarian di Google menggunakan search operator berikut:

keyword intitle:content placement
keyword intitle:kirim tulisan
keyword inurl:kirim-tulisan

Kamu juga bisa menggunakan search operator lain, atau menggunakan keywords sederhana seperti: blog wisata, blog kuliner, blog lifestyle, dll.

Kunjungi satu per satu website yang kamu rasa memenuhi kriteria. Jika memang benar-benar memenuhi kriteria, catat di spreadsheet atau Google sheet: url, guidelines url (jika ada), kontak , nama (jika ada).

Setelah data blog terkumpul, kontak masing-masing blogger dan tanyakan apakah blog mereka menerima content placement. Jika mereka menerima, obrolan bisa berlanjut ke tawar-menawar harga, dan sebagainya.

Setelah tercapai kata sepakat, kirimkan artikelnya pada blogger.

Saran

Meski teknik ini memungkinkan kita mendapatkan banyak backlink dalam waktu singkat, namun jangan terlalu bernafsu. Main aman saja, agar pertumbuhan backlink tampak natural batasi setiap bulan maksimal memasang sekitar 10-20 backlink saja.

Karena ini untuk kepentingan link building maka relevansi sangatlah penting. Misalnya saya sedang melakukan link building untuk blog saya yang niche-nya wisata. Maka saya lebih mementingkan blog ber-niche wisata meski DA hanya 12, dibanding blog ber-niche lifestyle meski DA 50.

Semakin relevan niche blog target, semakin tinggi fee dan effort yang saya keluarkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *