Link Building: Definisi dan Kriteria Link

Link building adalah usaha untuk mendapatkan link dari website lain ke website kita. Link building sendiri adalah bagian dari off-page SEO. Dimana ia biasanya menempati porsi terbesar dari keseluruhan kerja off-page SEO, bahkan seluruh kerja SEO itu sendiri.

Tidak semua link yang kita dapatkan dari website lain berpengaruh baik pada rangking website kita. Ada link yang justru buruk pengaruhnya, misalnya:

  • Link dari website yang niche-nya sama sekali tidak relevan dengan website kita.
  • Link dari website porno dan judi.
  • Link dari website yang kena penalti (banned) Google.
  • Link dari website yang terkena malware.
  • Link dari website yang kontennya berkualitas rendah.

Lalu seperti apa link yang berkualitas itu?

Ciri Link Berkualitas

Relevan

Website yang memberi link harus mempunyai niche yang sama dengan website kita. Relevansi ini juga ada beberapa tingkat.

Katakanlah kita mempunyai website dengan niche otomotif, maka:

  1. Link dari website bertema motor atau mobil adalah yang terbaik.
  2. Link dari website lifestyle tapi dari artikel yang membahas otomotif, maka itu lumayan.
  3. Link dari website bertema kuliner adalah buruk dan harus dihindari karena tidak relevan.

Berasal dari Authority Website

Authority website adalah website yang dinilai berkualitas tinggi baik oleh visitor maupun search engine. Contohnya huffingtonpost.com, lifehack.org, nationalgeographic.com.

Cara mudah untuk mengetahui authority sebuah website adalah dengan mengecek nilai DA (domain authority). Bisa dicek menggunakan https://moz.com/researchtools/ose/. Semakin tinggi nilainya, semakin bagus.

Namun saya mengandalkan pengecekan secara manual dengan mengunjungi website tersebut. Karena DA yang tinggi tidak menjamin isi website pasti berkualitas.

Kontekstual

link kontekstual

Link kontekstual adalah link yang terletak di dalam konten/tulisan. Jika sebuah website menulis sebuah artikel lalu di dalam artikel itu ada link ke website kita, itu adalah link kontekstual. Link yang terletak di footer, menu, dan sidebar bukan link kontekstual.

Berasal dari Laman/Page Berkualitas

Jika sebuah website mempunyai nilai authority, maka setiap lamannya (page) pun mempunyai nilai authority. Semakin tinggi authority sebuah page semakin bagus pula link yang berasal darinya.

Cara mudah untuk mengetahui authority sebuah page adalah dengan mengecek nilai PA (page authority). Bisa dicek menggunakan https://moz.com/researchtools/ose/. Seperti DA, semakin tinggi nilai PA maka semakin bagus.

Namun seperti juga DA, saya juga melakukan pengecekan manual dengan mengunjungi page tersebut.

Biasanya Sulit Didapat

Sulit didapat artinya bukan tidak bisa didapatkan. Tapi untuk mendapatkannya tidak mudah dan perlu usaha tertentu.

Link dari website direktori, forum, dan web 2.0 mudah didapat. Dan ya, link seperti itu kurang berkualitas. Lagipula, karena mudahnya, kompetitor kita juga bisa dengan mudah menirunya.

Sedangkan link dari website seperti dari lifehack.org sulit didapat. Kita butuh usaha untuk mendapatkannya misalnya dengan guest post di lifehack.org. Itupun artikel yang kita berikan harus benar-benar berkualitas dan relevan temanya.

DoFollow & NoFollow Link

Sebuah link dengan atribut dofollow akan mengijinkan baik search engine bot maupun manusia untuk mengaksesnya. Sedangkan link dengan atribut nofollow hanya bisa diakses oleh manusia dan tidak diakses oleh bot.

Sehingga, jika kita mendapatkan dofollow link, maka search engine akan menghitungnya sebagai sebuah backlink sepenuhnya. Jika kita mendapatkan nofollow link, search engine mungkin hampir tidak menghitungnya sebagai backlink.

Untuk kepentingan SEO tentu dofollow link yang lebih baik. Tapi saya sendiri tidak mau jika mendapat backlink yang semuanya dofollow, harus ada sebagian kecil yang nofollow. Karena biar natural, logikanya tidak mungkin kan semua orang mau memberi link yang dofollow.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *