Mindset Praktisi SEO

Untuk bisa menguasai SEO dengan baik paling pertama kita harus mempunyai mindset yang benar. Di bawah ini adalah beberapa mindset yang menjadi pegangan saya sebagai pekerja SEO.

SEO Itu Investasi

Sebelum mulai mempelajari atau mempraktekkan SEO, perlu kita sadari bahwa SEO adalah investasi. Kita harus dengan senang hati menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan uang.

Seperti layaknya investasi, jika dilakukan dengan benar SEO di kemudian hari insya Allah akan membuahkan hasil yang menyenangkan hati kita. Bisa berupa trafik yang tinggi, penjualan yang meningkat, jasa semakin laris, pemasukan semakin banyak, brand semakin tenar.

Beberapa kali saya mendapat calon klien yang menawar jasa SEO saya dengan harga rendah. Terpaksa saya tolak, karena dengan kecilnya budget yang mereka sediakan nantinya pekerjaan hanya akan terhenti di tengah jalan.

Saya memaklumi mereka bukan orang-orang yang pelit, tapi karena mereka menganggap SEO adalah sebuah pengeluaran. Mereka hanya belum menyadari bahwa SEO adalah investasi. Bahwa SEO di kemudian hari akan bisa membayar berkali lipat apa-apa saja yang telah mereka investasikan.

Begitu juga kita yang melakukan SEO sendiri, kita harus siap berinvestasi jika tidak ingin gagal di tengah jalan.

SEO Butuh Kesabaran

Tidak hanya satu dua, tapi banyak, orang yang buru-buru ingin melihat hasil dari SEO. Sedangkan SEO menuntut kesabaran. Seringkali hasil dari SEO baru bisa dilihat dalam hitungan bulan, bahkan tahun.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa menempati rangking teratas di Google berbeda untuk setiap website. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi seperti kualitas website dan tingkat kompetisi.

Dalam proses pengerjaan SEO kesabaran kita juga diuji. Kita akan melihat rangking sebuah keyword naik turun ketika sedang membangun backlink. Atau tiba-tiba website kompetitor naik rangkingnya beberapa poin.

Jangan panik. SEO adalah permainan jangka panjang, ia adalah lari marathon bukan sprint.

SEO Tidak Menjamin Posisi Rangking 1 atau Halaman Pertama SERP

Saya biasa ditanya calon klien yang tertarik dengan jasa SEO saya, “Ada jaminan pasti rangking 1 di Google nggak?” Selalu saya jawab tidak ada jaminan pasti rangking 1, bahkan page one pun saya tidak bisa menjamin.

Saya hanya bisa menjanjikan bahwa saya akan bekerja jujur dan semaksimal mungkin. Kerja keras kita tidak akan menipu. Kenyataannya memang begitu, setiap kali saya sungguh-sungguh menerapkan SEO maka hasilnya juga bagus.

Seperti kita membuka warung makan, kita tidak bisa memastikan warung kita bakal laris. Yang bisa kita lakukan adalah berikhtiar. Kualitas masakan dijaga, bahan-bahan masakan selalu segar, warung dijaga kebersihannya, pembeli dilayani dengan ramah, kita pasang kipas angin atau AC.

Ikhtiar yang maksimal adalah pembeda antara warung makan yang laku dan tidak laku.

SEO Tidak Bisa Dipelajari dalam Semalam

SEO adalah keterampilan sehingga dibutuhkan waktu untuk memahirkannya. Kita perlu mempelajari teori dan mempraktekkannya, berulang-ulang, hingga mendapatkan pemahaman.

Tutorial SEO mudah didapatkan, banyak sekali sumbernya. Namun untuk menguasainya tetap diperlukan praktek.

Jangan takut gagal dan salah. Salah ya sudah, selanjutnya kita pelajari kesalahan itu agar lain waktu tidak mengulanginya lagi.

SEO Butuh Fokus

Fokus yang terbagi-bagi menyebabkan SEO tidak dilakukan dengan tuntas yang akhirnya menggiring kita pada kegagalan.

Contoh, kita sedang menerapkan guest post untuk membangun backlink.

Suatu hari kita membaca artikel “membangun backlink dengan teknik broken link”. Kita tertarik mempraktekkannya sehingga meninggalkan guest post yang baru setengah jalan kita lakukan.

Di lain hari kita membaca artikel “membangun backlink menggunakan infografis”. Kita tertarik juga mempraktekkannya dan meninggalkan broken link yang baru seperempat jalan.

Hasilnya: semuanya gagal, tidak ada yang berhasil. Ibarat mendaki gunung kita tak pernah mencapai puncak karena berpindah-pindah gunung di tengah pendakian.

Begitu juga dengan belajar SEO. Langkah awal adalah pilih satu tempat untuk belajar, bisa dari panduan SEO saya ini atau di tempat lain. Lalu pelajari sampai tuntas, saya menyarankan jangan terdistraksi dulu dengan tutorial-tutorial lain.

Baru setelah kita menguasainya, silakan mengambil ilmu sebanyaknya dari yang lain-lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *