Jangan Takut Mempraktekkan 5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Ini!

Cara mendapatkan uang dari blog

Apakah kamu sudah tahu beberapa cara mendapatkan uang dari blog tapi takut atau bingung mempraktekkannya dan mengembangkannya? Sehingga dari tahun ke tahun cara itu-itu saja yang kamu gunakan untuk mendapatkan uang dari blog meski hasilnya belum memuaskan.

Sementara kamu berharap bisa seperti blogger lain. Ada yang sukses menjual produk sendiri, ada yang pendapatannya bagus dari affiliate marketing, ada yang bisa menafkahi keluarganya dengan sponsored post, dan banyak lagi kisah lainnya.

Ketakutan dan kebingungan bisa diatasi dengan pengetahuan. Sehingga kamu akan melangkah dengan mantap mencoba dan menekuni berbagai cara mendapatkan uang dari blog.

Karena itulah saya menulis cara monetasi blog ini dengan sudut pandang lain. Meski pembahasannya tidak terlalu mendalam, saya usahakan pembahasannya cukup lengkap. Agar kamu tidak hanya mendapatkan pengetahuan tapi juga gambaran caranya.

Dari situ kamu bisa memilih satu atau beberapa model monetasi blog yang paling cocok buatmu. Lalu menekuni ilmunya lebih lanjut dan mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh.

1 Sponsored Post

Setiap artikel yang mendapatkan dukungan dari pihak lain saya sebut sebagai sponsored post. Bentuk dukungan bisa berupa finansial, barang, atau lainnya.

Maka sponsored post bentuknya berupa:

  1. Content Placement
    Klien memberimu konten untuk diterbitkan di blogmu, di dalam konten itu ada backlink mengarah ke website klien. Sering juga klien memintamu untuk sekalian menulis kontennya.
  2. Link Placement
    Klien memasang backlink pada artikel yang sudah ada di blogmu. Kadang mereka juga meminta menambahkan 1 paragraf baru (+ backlink) di artikelmu.
  3. Artikel Iklan
    Klien memintamu menerbitkan artikel (bisa dari mereka atau kamu disuruh menulis sendiri), yang berisi promosi produk atau jasa atau promosi lainnya. Kadang klien juga memasang link di artikelnya.

Sedangkan sesuai tujuan klien, sponsored post dibagi menjadi:

  1. Klien ingin mendapatkan backlink dari blogmu (content dan link placement).
  2. Klien ingin mendapatkan akses ke pembaca blogmu (artikel iklan).
  3. Ada juga yang ingin dua-duanya, promosi sekaligus mendapatkan backlink.

Keuntungan Sponsored Post

  • Mudah Dilakukan
    Jika ada tawaran job tinggal publish artikelnya sesuai arahan klien, beres.
  • Banyak Dibutuhkan
    Terutama untuk tujuan link building. Banyak perusahaan yang berlomba menjadi yang terbaik di Google SERP dan mereka membutuhkan backlink.

Kerugian Sponsored Post

Artikelnya Jelek

Kebanyakan artikel yang diberikan klien kualitasnya biasa saja hingga jelek. Maka saya lebih suka menulis artikel sendiri jika dapat job sponsored post. Atau rewrite habis-habisa artikel yang diberikan dengan seijin klien.

Bukan Passive Income

Sponsored post pembayarannya one time payment. Kamu selesaikan job dan klien membayar, selesai. Jika ingin dapat uang lagi kamu harus menunggu atau mencari job baru.

Karena itu bagi sebagian besar blogger sponsored post tidak bisa diandalkan untk memberikan penghasilan rutin. Kecuali kamu membuat puluhan hingga ratusan blog sehingga bisa dapat banyak job terus-menerus. Atau mungkin blogmu benar-benar high quality sehingga banyak job mengantri.

Tema Artikel Sering Tidak Cocok Dengan Tema Blogmu

Kamu mendapat job yang artikelnya bertema otomotif. Sedangkan blogmu, meskipun temanya campuran, tapi sama sekali belum pernah membahas otomotif. Kamu bisa menolak job itu atau menerimanya dan mulai membuat tulisan lain tentang otomotif.

Yang Diperlukan Agar Blogmu Dilirik Klien

Metric

Biasanya klien mensyaratkan blog mempunyai nilai DA (domain authority) atau DR (domain rating) minimal sekian. Semakin tinggi metric yang dimiliki blogmu, semakin besar kesempatanmu memperoleh job dan biasanya semakin besar juga fee-nya. Cara menaikkan DA yang cepat sepanjang pengalaman saya adalah dengan link building.

Trafik Organik

Klien juga akan mengecek berapa trafik organik yang dimiliki blogmu. Jika ada 2 blog yang pertama DA 35 tapi trafiknya 0, dan yang kedua DA 18 dengan trafik 3000/bulan maka klien akan memilih blog yang kedua. Buat apa promo di blog yang tidak dikunjungi orang kan?

Blog Di-Update

Cukup banyak saya melihat blog yang beberapa artikel terbarunya semuanya sponsored post. Sering klien menolak blog yang seperti itu, kecuali kepepet tidak ada pilihan lain. Blog yang mempunyai terlalu banyak sponsored post, misal perbandingannya 60:40 dengan konten organik, bisa ditinggalkan pembaca setianya.

Cara Mendapatkan Job Sponsored Post

  1. Buat halaman di blogmu yang menyatakan kamu menerima kerjasama dalam bentuk sponsored post. Kamu bisa menambahkan syarat dan ketentuannya serta besarnya fee yang kamu minta.
  2. Cari informasi agensi dan perusahaan mana saja yang sering memberi job, lalu kontak mereka.
  3. Bergabung ke website marketplace seperti Vira.id dan Rajabacklink.com.
  4. Bergabung di grup Facebook yang sering ada job: SMSC – Mencari Contact, Job Untuk Blogger, Info Job Untuk Blogger & Netizen, Job Blogger Indonesia.

2 Menjual Jasa

Jika kamu mempunyai keahlian yang bisa kamu jual secara online, sebaiknya kamu sudah menjualnya sejak awal ngeblog. Kamu bisa mendapat klien dan bayaran yang bagus meski trafik blogmu masih sedikit. 1 sampai 3 klien per bulan bisa cukup membuatmu sibuk dan memberimu penghasilan bagus.

Jasa Apa yang Dijual?

Kamu idealnya menjual jasa yang relevan dengan tema blogmu. Audiens blog wisata adalah orang-orang yang suka traveling, maka yang paling cocok dijual pada mereka adalah jasa seputar wisata.

Contoh lain:

  • Blog SEO: jasa SEO, jasa riset keyword, jasa link building.
  • Blog kucing: jasa grooming kucing.
  • Blog finansial: jasa konsultasi keuangan personal.
  • Blog wisata: jasa pembuatan itinerary, jasa pemandu wisata kota tempatmu tinggal.
  • Blog beladiri: jasa pelatihan beladiri privat atau untuk kantor.

Bahkan kamu bisa bekerjasama dengan orang untuk menjual jasa di blogmu. Misal kamu punya blog kucing dan punya teman yang jago desain grafis. Kamu bisa buka jasa gambar vector kucing (foto jadi gambar kartun), kamu yang jualan dan temanmu yang mengerjakan.

Bagaimana Cara Menjual Jasa di Blog

Buatlah halaman khusus untuk jasamu, dan pasang url-nya di menu utama. Kamu juga bisa mempromosikan jasamu di setiap tulisanmu yang relevan.

Buat Konten yang Mendukung

Begitu kamu mulai menjual jasa maka mulai juga membuat konten blog yang mendukung. Tujuannya dengan membaca tulisan-tulisanmu calon klien akan percaya dengan kemampuanmu. Selanjutnya akan mendorongnya untuk mengontakmu dan menggunakan jasamu.

Pertama, buatlah konten yang menjawab pertanyaan/permasalahan calon klienmu. Misalnya kamu buka jasa grooming kucing maka kamu bisa ngeblog dengan tema: harga grooming kucing, shampo terbaik untuk kucing, berapa kali sebaiknya kucing grooming dalam sebulan.

Kedua, buatlah konten yang memamerkan keahlianmu. Misal kamu buka jasa SEO maka buatlah artikel: tutorial menaikkan trafik organik dalam waktu singkat, bagaimana cara page one tanpa backlink, cara mengatasi serangan negative SEO.

Enak dan Tidak Enaknya Menjual Jasa

Meski bukan passive income, tapi enaknya dari satu project saja penghasilanmu bisa lumayan. Tidak enaknya bila dapat klien yang banyak drama dan sulit pembayarannya. Tapi seiring terkumpulnya pengalaman kamu akan bisa memilah mana calon klien yang ideal dan mana yang sebaiknya ditolak saja.

3 Ad Networks

Ad Networks, khususnya Google Adsense, sepertinya menjadi pilihan pertama bagi banyak orang yang mulai memonetasi blognya. Khususnya bagi blogger yang baru pertama kali mengenal blogging.

Wajar sih, saya dulu juga begitu, karena model monetasi ini gampang sekali dipahami. Alurnya sederhana: pasang ads di blog, pembaca klik iklan, kita dapat uang.

Ad Networks yang paling terkenal adalah Google Adsense. Pilihan lainnya banyak misalnya Media.net, Mediavine, AdThrive, dan Carbon Ads.

Kelebihan Ad Networks

Passive Income

Kamu tinggal pasang ads di blog dan blogmu akan mulai menghasilkan uang sendiri. Besar kecilnya penghasilan tergantung pada beberapa hal di antaranya tingginya trafik.

Lebih Nyaman

Dibanding menjual jasa, ad networks jauh lebih nyaman. Karena kamu tidak harus berurusan dengan orang yang kadang bisa sangat menyebalkan.

Mudah

Tinggal daftar ke ad networks, pasang iklannya, lalu sudah. Tidak memerlukan kerja harian.

Kekurangan Ad Networks

Harus Punya Trafik Tinggi

Untuk mendapatkan penghasilan yang layak dari Ad Networks blogmu harus mempunyai trafik tinggi dan stabil. Trafik tinggi tapi cuma sesaat, misal waktu ada beberapa artikelmu yang viral, juga hanya akan memberikan penghasilan layak yang sesaat.

Pintar-Pintar Mengoptimasi Letak Iklan

Trafikmu sudah tinggi tapi pendapatan iklanmu kok kecil. Salah satu solusinya adalah dengan mengoptimasi letak iklanmu. Tapi jika trafikmu masih rendah jangan buang waktu mengoptimasi letak iklan, fokus dulu pada pertumbuhan trafikmu.

4 Affiliate Marketing

Konsepnya kamu mempromosikan produk/jasa milik pihak lain dengan memasang link yang mengarah ke website pihak lain itu. Orang tertarik dengan apa yang kamu promosikan, klik link yang ada di blogmu. Dia lalu melakukan pembelian di website penjual produk/jasa dan kamu akan mendapatkan komisi penjualan.

Untuk memulai kamu harus mendaftarkan blogmu ke affiliate program. Yang lokal ada affiliate program Bukalapak, Blibli, Lazada, dan lainnya. Untuk internasional ada banyak, yang terkenal adalah Amazon Affiliate Program, Share a Sale, Click Bank, dll.

Tips Untuk Menaikkan Penjualan Affiliate

  • Tingkatkan trafik blog. Sederhana logikanya, semakin tinggi trafik potensi terjadinya penjualan juga semakin tinggi.
  • Hanya promosikan produk/jasa terbaik yang relevan dengan tema blogmu dan bermanfaat untuk pembaca blogmu. Apalagi kalau kamu mempromosikan sesuatu yang kamu gunakan sendiri.
  • Bangun relasi dengan pembaca blogmu dan tumbuhkan kepercayaan mereka padamu. Jika mereka percaya padamu mereka juga akan percaya pada pendapatmu.
  • Cek laporan penjualan affiliate program yang kamu ikuti. Apa yang banyak dibeli oleh pembaca blogmu dan apa yang tidak mereka beli. Maka kamu akan mempunyai ide ke depan sebaiknya membuat artikel apa.
  • Cek artikel-artikel lama yang populer di blogmu apakah ada potensi dipasangi link afiliasi?
  • Bagikan promo pada pembacamu. Misal diskon lebaran, diskon tahun baru, diskon black friday, free ongkos kirim.

Tipe Artikel Blog

Buatlah artikel yang menargetkan buying keyword, karena ketika orang Googling menggunakan buying keyword maka kemungkinan besar dia siap membeli sesuatu. Contoh buying keyword: penyedia hosting terbaik, best dry cat food, jilbab segi empat murah.

Tipe artikel yang bagus untuk affiliate marketing antara lain:

  • Review produk/jasa.
  • Perbandingan produk/jasa (product/service comparison).
  • Panduan belanja.
  • Resources, misalnya: daftar tools terbaik untuk SEO. Atau travel resources yang berisi daftar penerbangan, daftar hotel, daftar perusahaan travel.
  • Artikel informasional juga bisa kamu sisipi link afiliasi yang relevan. Penjualannya memang kecil tapi lumayan untuk menambah pemasukan.

5 Menjual Produk Sendiri

Saya tahu banyak blogger yang makmur secara finansial dengan menjual produk milik mereka sendiri di blognya. Untuk menentukan apa yang paling cocok dijual di blogmu, mulailah dengan mengamati audiens blogmu.

Apa yang selalu mereka tanyakan? Apa yang selalu mereka butuhkan?

Jawaban dua pertanyaan itu bisa memberimu ide untuk membuat produk yang relevan. Setelah ide didapat barulah tentukan bentuk produknya.

Bentuk Produk yang Bisa Dijual

Produk Fisikal

Saya mempunyai blog dengan niche kucing. Di blog itu saya melihat potensi untuk menjual barang-barang bertema kucing seperti kaos, topi, sarung bantal, mug, dan jaket.

Untuk memproduksi barang-barang itu, karena minimnya modal saya, idealnya saya harus bekerja sama dengan penyedia jasa sablon yang bisa order satuan. Kebetulan tetangga samping rumah saya buka usaha sablon kaos, topi, mug dan lain-lain yang bisa order satuan. Jadi saya tinggal menyediakan desain, jualan di blog, kalau ada pesanan saya lempar ke tetangga dan minta barangnya dikirim atas nama saya.

Contoh lain:

  • Blog parenting, bisa membuat dan menjual mainan edukasi.
  • Blog fashion, bisa menjual barang-barang preloved, aksesoris handmade.
  • Blog kesehatan, bisa menjual jamu berbentuk serbuk atau herbal kering (misalnya wedang uwuh).
  • Blog beladiri, bisa menjual senjata tumpul untuk latihan (pisau atau pedang dari bahan plastik, pedang kayu).

Kreatif, galilah apa yang bisa kamu produksi untuk dijual.

Ebook/Buku

Saya pikir hampir semua niche blog bisa dibuatkan ebook/buku. Coba kamu baca contoh judul ebook/buku yang saya buat ini, lalu tebak itu dijual di blog niche apa:

  • 55 Pertanyaan Aneh yang Sering Ditanyakan Balita dan Jawabannya.
  • Dasar-Dasar SEO: Beginner Way to Number One.
  • Women Self Defense: Manajemen Mental di Saat Kritis.
  • Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Energi Dengan Metode Alami.
  • Rahasia Sukses Homeschooling Berkualitas dan Bahagia.

Kelas Online

Ini juga sudah banyak yang melakukan. Cocok buat kamu yang punya sesuatu yang bisa diajarkan dalam waktu singkat. Sediakan waktu 30 menit, 1 jam, atau 2 jam untuk memberikan materi lalu beri waktu juga untuk tanya jawab dengan peserta kelas.

Paltform-nya bisa menggunakan WhatsApp atau Telegram. Kalau mau ribet sedikit bisa memakai Google Hangout atau webinar.

Kursus Online

Banyak lho blogger yang jadi kaya karena menjual kursus online. Terutama blogger bule, yang kursus online-nya dijual seharga ratusan hingga ribuan dolar. Bahkan saya pernah diberi akses kursus online seharga 5000 USD oleh klien saya, dia katanya sampai hutang uang untuk bisa membeli kursus itu.

Jika kamu punya keahlian tertentu jangan takut untuk menjualnya sebagai kursus online. Tidak harus keahlian yang rumit dan luar biasa. Apa yang menurut kamu hal sederhana bisa jadi bagi orang lain adalah hal luar biasa dan mereka butuhkan.

Saya sendiri menjual kursus SEO online yang bisa kamu lihat disini. Tapi tidak saya jual mahal, harganya pay as you want, serelanya sekedar menunjukkan niat untuk belajar. Plugin yang saya gunakan untuk membuat kursus online itu adalah LifterLMS.

Kamu juga bisa membuat dan menjual kursus online. Gali saja apa kebisaanmu yang bisa kamu ajarkan ke orang lain. Misalnya:

  • Melatih kucing agar mau diajak jalan-jalan menggunakan tali.
  • 20 langkah menulis novel untuk pemula.
  • 7 cara make up kilat dengan hasil memikat (5-10 menit).
  • Yoga untuk menurunkan berat badan.

Tips Menjual Kursus Online

  • Sama seperti affiliate marketing kamu perlu membangun relasi dan kepercayaan dengan pembaca blogmu.
  • Jangan menunggu materimu sempurna baru kamu berani menjual. Materi yang cukup bagus sudah bisa dijual, masalah kualitas nanti bisa kamu perbaiki kemudian.

Penutup

Cara monteasi blog terbaik menurut saya tidak ada. Semua terserah kamu untuk memilih mana saja yang kamu suka. Apa yang membuat blogger lain sukses belum tentu cocok untuk dirimu dan sebaliknya.

Tapi saya menyarankan untuk menerapkan lebih dari satu metode monetasi. Selain agar penghasilan lebih besar juga untuk berjaga-jaga jika suatu saat salah satu metode sedang sepi maka masih ada penghasilan dari metode lain.

Saya sendiri melakukan semua 5 cara mendapatkan uang dari blog di atas. Saya menerima sponsored post meski saya batasi yang sesuai niche blog saya saja. Saya menjual jasa SEO, jasa riset keyword, dan jasa backlink.

Saya bermain Adsense dan affiliate marketing. Saya menjual ebook dan menjual kursus online. Semuanya sudah menghasilkan ada yang jumlahnya masih kecil, ada yang sudah cukup memuaskan.

Dalam mencari uang lewat ngeblog, saya berusaha memegang teguh hal-hal di bawah ini:

  • Tidak takut gagal, tidak takut membuat kesalahan. Kalau gagal ya coba lagi, kalau salah ya diperbaiki.
  • Mempunyai kesabaran dan komitmen.
  • Berusaha selalu memproduksi sesuatu yang berkualitas. Entah itu produk atau artikel blog.
  • Fokus pada perjalanan saya sendiri, tidak sibuk membandingkan pencapaian blog saya dengan blog orang lain.
  • Membuka diri untuk selalu belajar.
  • Menerapkan SEO agar mempunyai trafik organik yang bagus.

Kamu sendiri setelah membaca tulisan ini saya harapkan mendapatkan gambaran yang lebih jelas bagaimana mendapatkan uang dari ngeblog. Kamu sudah punya petanya meski dalam bentuk garis besarnya saja.

Pilih cara monetasi blog yang menarik bagimu lalu praktekkan. Beranilah dan praktekkan sampai berhasil. Kebahagiaan menunggumu di seberang kerja kerasmu.

Ketika saya selesai membuat kursus online saya merasa bahagia dan bangga. Apalagi ketika ada yang order. Terlebih ketika materinya bermanfaat dan berimbas baik pada orang lain, rasanya luar biasa.

Sekarang, giliranmu untuk mengalami hal yang sama.