Ide Blog Untuk Website Perusahaan

Sepanjang yang saya amati masih banyak website perusahaan yang tidak menerapkan blogging di website mereka. Kalaupun ada blognya kadang tidak dikelola dengan baik.

Padahal blog adalah aset yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan bisnis antara lain mendatangkan visitor tertarget, mengedukasi calon pelanggan, berbagi kabar terkini perusahaan, mendapatkan feedback dari pelanggan, promosi produk/jasa, dan membangun database email.

Kenapa perusahaan tidak memaksimalkan blog menurut saya salah satu alasannya adalah mungkin mereka tidak tahu blognya harus diisi apa. Karena itu di artikel ini saya mencoba memberikan ide konten apa saja yang cocok untuk blog perusahaan, yang cukup mudah untuk langsung diterapkan.

Menjawab Pertanyaan Klien

Marcus Sheridan adalah pemilik perusahaan kolam renang fiberglass bernama River Pools and Spas di Amerika Serikat. Pada 2008 terjadi krisis ekonomi dan bisnis perusahaannya menurun drastis.

Selama krisis itu Marcus mengingat-ingat dan menuliskan ratusan pertanyaan yang ditanyakan orang padanya tentang kolam renang fiberglass dan spa. Pertanyaan-pertanyaan itu dijawab oleh Marcus dan dituliskannya di blog perusahaannya.

Ketika krisis berakhir dan daya beli masyarakat kembali membaik perusahaan Marcus sudah mempunyai blog yang kuat. Blog tersebut mendapatkan banyak backlink dan mendapatkan rangking yang bagus untuk keywords terkait bisnisnya.

Banyak calon pelanggan yang terbantu dengan artikel-artikel di blog itu. Bisa dikatakan ketika calon pelanggan menemui Marcus dan timnya, mereka sudah siap melakukan pembelian.

Calon pelanggan tidak banyak bertanya lagi karena sudah teredukasi dengan artikel yang ada di blog. Edukasi tersebut juga menambah rasa percaya orang pada perusahaan. Bisnis Marcus pun booming meningkat pesat lebih dari sebelum krisis.

Catatlah apa saja pertanyaan-pertanyaan yang diajukan klien/pelanggan dan calon pelanggan, lalu jawablah dengan cara menuliskannya di blog. Kalau perlu bertanyalah pada mereka apakah mereka punya pertanyaan terkait bisnis yang kita jalankan.

Pambarep.com juga mulai menerapkan model blogging seperti itu. Artikel ini adalah contohnya, jawaban dari pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pemilik website perusahaan. Saya juga berencana mengirim email ke banyak website perusahaan untuk mencari tahu apakah mereka punya pertanyaan terkait SEO dan blogging.

Studi Kasus

Berisi proyek atau pekerjaan atau eksperimen yang pernah dikerjakan. Lengkap dari latar belakangnya, prosesnya, kendala yang dihadapi dan solusinya, hingga hasil yang didapat. Jangan hanya menceritakan keberhasilan saja tapi ceritakan juga proyek yang hasilnya gagal.

Apa manfaatnya menceritakan kegagalan?

  • Orang jadi tahu bahwa kita transparan dan jujur dalam menjalankan bisnis.
  • Menambah kepercayaan orang pada bisnis kita.
  • Orang akan yakin kita tidak akan melakukan kesalahan yang sama.
  • Untuk meningkatkan kemampuan kita, dari kesalahan-kesalahan itulah kita akan belajar, menjadi dewasa dan berkembang.

Pada studi kasus ini bisa juga disisipkan testimonial dan wawancara singkat dengan klien.

Company Update

Bisa berupa kegiatan terbaru perusahaan, launching produk baru, jasa baru, pergantian direktur, penghargaan yang diraih, dsb. Tidak semua kegiatan perusahaan harus ditulis pilihlah beberapa yang paling penting saja.

Guest Post

Yaitu menerbitkan artikel tulisan dari pihak lain seperti mitra bisnis, supplier, expert, akademisi, distributor, tokoh, dll. Jika memungkinkan mintalah mereka untuk menulis di blog. Jika tidak bisa, ganti dengan wawancara via telepon, zoom, atau tertulis yang hasilnya dipublikasikan di blog.

Setelah guest post terbit bagikan url-nya pada narasumber. Hal ini bisa berpotensi mendapatkan tambahan trafik jika narasumber membagikan artikelnya ke akun-akun media sosialnya.

Menurut saya patokan secara umum yang menempati porsi terbesar blog adalah artikel yang menjawab pertanyaan klien/calon pelanggan, kedua adalah studi kasus lalu terakhir guest post dan company update. Misalnya dalam setahun menulis 70 artikel jawaban pertanyaan klien, 10 studi kasus, maka company update dan guest post 5 saja.

Ide-ide blog di atas tidak hanya bisa diterapkan untuk website perusahaan saja. Tapi juga bisa untuk website UMKM, bisnis rumahan, pesantren, toko online, freelancer, dan lainnya.

Jika bapak/ibu ingin dibantu memaksimalkan blog perusahaannya bisa menghubungi saya di Whatsapp 089524976794 atau email alittlewhite2008[@]gmail.com. Saya juga senang diajak diskusi soal SEO.

Dapatkan ebook Blog to Profit

Belajar bagaimana mendapatkan trafik organik dan penghasilan secepat mungkin untuk blogger pemula.

Mau dong!

Leave a Comment

Your email address will not be published.