ide konten blog

Bagaimana Menjadikan Dirimu Pabrik Ide dan Tidak Lagi Bingung Harus Menulis Apa

Pernahkah kamu kehabisan ide dan bingung harus menulis apa lagi di blogmu? Awalnya lancar-lancar saja tapi setelah beberapa bulan ngeblog tiba-tiba blank. Kamu kehabisan ide.

Itu karena kamu banyak memproduksi konten tapi lupa mengisi ulang kreativitasmu. Seperti mobil yang dijalankan terus-menerus tanpa pernah mengisi bensin, suatu saat ia akan berhenti. Tangki bensinnya kering, sekering persediaan idemu.

Tetapi sekering apapun sumur idemu, kamu bisa membanjirinya kembali dengan 3 cara berikut.

Banyak Membaca dan Jangan Banyak Alasan

Banyak membaca adalah nasehat yang diberikan oleh banyak penulis sukses bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan. Tapi jarang yang mau mempraktekkannya.

Kegiatan membaca kelihatannya sepele tapi sebenarnya berat dan membutuhkan disiplin. Maka latihlah dirimu.

Selama 6 bulan, tiap hari kamu harus meluangkan waktu selama 1 jam untuk membaca. Bisa buku, novel, blog post, artikel majalah, dan lain-lain. Variasikan topiknya tidak hanya topik yang sesuai dengan niche blogmu saja.

Banyaknya variasi topik yang kamu baca di kemudian hari akan terkoneksi dan membentuk ide-ide yang seringkali unik dan bagus.

Bahan bacaan kamu dapatkan tidak harus dengan membeli buku baru. Kamu bisa pinjam teman, main ke perpustakaan di kotamu, beli buku/majalah bekas, barter buku, atau akrabi tetanggamu yang punya perpustakaan pribadi.

Koleksi Referensi Sebagai Persediaan Amunisi

Kamu harus punya semacam perpustakaan yang koleksinya berkaitan dengan bidang yang sering kamu tulis. Koleksi referensi akan memudahkanmu untuk menulis dan memperkaya tulisanmu dengan data. Sebab semahir apapun kamu dalam bidangmu, kamu tidak mungkin mengingat semua data.

Tiap bulan kalau bisa belilah 1-2 buku. Koleksi juga kliping yang bisa berupa catatan dari buku tertentu atau potongan majalah lama.

Simpan konten penting yang kamu temukan di internet. Bisa dengan cara copy paste ke notepad atau kamu print lalu disimpan. Sebaiknya jangan bookmark halaman website yang kamu anggap penting, kenyataannya website yang telah di-bookmark jarang sekali dibuka lagi.

Sewaktu-waktu kamu butuh data untuk memperkaya tulisanmu, kamu tinggal membongkar-bongkar koleksimu.

Praktek, Kuasai Bidangmu

Terutama untuk kamu yang suka menulis artikel how to, artikel tutorial. Praktekkan dulu apa yang akan kamu ajarkan ke pembaca maka tulisanmu akan benar-benar berisi. Beda dengan tulisan tutorial yang berasal dari riset saja, isinya kurang mendalam dan kurang mengena.

Apalagi jika ada pembaca yang berkomentar menanyakan sesuatu terkait tutorialmu. Kamu bisa kebingungan menjawab karena kamu sendiri belum praktek.

Saya suka menulis tutorial SEO. Sehari-hari saya juga belajar dan mempraktekkan SEO, apalagi itu adalah profesi saya. Saya suka mempraktekkan teori yang saya dapat, suka melakukan trial and error.

Hasilnya, saya dengan sendirinya mempunyai banyak bahan untuk ditulis. Saat ini saja, saya sudah punya ide untuk 4 artikel tentang riset keywords yang akan saya tulis.

Bangun Pabrik Idemu Sekarang Juga

Sekarang kamu tahu bagaimana menjadikan dirimu pabrik ide. Hanya dengan 3 tips sederhana tapi jika dijalankan hasilnya bisa luar biasa.

Untuk awal, latih dirimu dengan melakukan tips-tips di atas selama 6 bulan setiap hari tak terputus. Atau bolehlah kamu mengambil libur sepekan sampai dua pekan sekali.

Berat memang, letak kesulitannya pada konsisten dan disiplin. Lakukan sekarang juga, karena semakin kamu menunda semakin tertunda pula kesuksesanmu dalam ngeblog.

6 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

December 20, 2018 - 13:58

Ini nih informasi yang saya cari. Menambah wawasan sama motivasi saya lagi buat terus ngeblog.

Reply

WebsiteManager

December 20, 2018 - 16:11

Terima kasih, semoga bermanfaat ya 🙂

Reply
December 20, 2018 - 16:02

Hay kak. Aku juga lagi galau kehabisan ide, sebenernya bukan kehabisan ide, tapi mungkin lebih ke “malas” cari ide. Untuk itu aku coba banyak baca ke blog lain biar nemu inspirasi. Aku coba praktekkan tips dari kakak ya 🙂

Reply

WebsiteManager

December 20, 2018 - 16:11

Silakan dicoba mbak, saya juga lagi menjalani ini 🙂

Reply
December 28, 2018 - 02:59

Kalo saya lebih karena keasyikan mainan medsos kak 🙂 Internetan bisa 3 jam, tapi nulisnya cuma sejam. Tks tipsnya kak (y)

Reply

WebsiteManager

December 29, 2018 - 17:41

Gpp, kalo nulisnya rutin tiap hari.

Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *