Jangan Meremehkan Dasar SEO

Sebuah Facebook post dari Chris M. Walker, pendiri Superstar SEO, Audiit dan Legiit, membuat saya ingin menuliskan hal yang mirip, dengan seijin dia.

Selama menekuni SEO, di lingkungan pergaulan saya yang kecil, saya bertemu beberapa orang yang meremehkan atau tidak sabar dengan dasar-dasar SEO yang baik. Mereka ada yang mengejar dan mencari teknik-teknik SEO “tingkat atas”, SEO hack, rahasia SEO, serta segala cara ajaib yang mampu memberikan hasil secepat kilat.

Apa mereka sukses menerapkan SEO? Ternyata tidak.

Ketidaksuksesan mereka bukan karena mereka tidak mengerti rahasia SEO tingkat atas, mereka cuma malas mengerjakan dasar-dasar SEO dan itulah penyebabnya mereka tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bagi mereka hal-hal yang dasar itu mungkin kurang wah, kurang keren. Dianggap menyia-nyiakan waktu karena kerjanya memang butuh kesabaran dan bisa membosankan.

Biasanya mereka jatuhnya cuma fokus ke hal-hal minimal seperti membuat lampu Yoast hijau semua. Ada juga yang mengejar nilai tertentu di sebuah tool, bahkan sampai membuat konten spin, backlink spam, dan mencuri konten.

Mereka terlalu malas, terlalu tidak sabar untuk melakukan hal-hal mendasar yang hasilnya tidak instan. Karena mungkin bagi mereka membosankan dan hasilnya setiap kali cuma lebih maju 1-2 m, sedangkan mereka ingin langsung maju ratusan km.

Memang untuk kondisi tertentu dibutuhkan teknik SEO tingkat lanjut. Namun untuk kebanyakan website pada umumnya, menjalankan dasar SEO saja dengan baik akan memberikan hasil yang bagus.

Bagi saya, dasar SEO itu sangat penting. Dengan dasar yang kuat kita bisa menemukan hal baru, berimprovisasi sesuai challenge yang ada, dan akan membantu lebih mudah memahami teknik tingkat lanjut.

Dasar SEO menurut saya ada 4:

  1. Riset keywords.
  2. Konten yang berbasis keywords, memenuhi search intent, dan berkualitas.
  3. Website yang sehat. Hal ini termasuk on page dan technical SEO.
  4. Link building.

Melakukan keempat hal di atas dengan tekun sudah saya buktikan berkali-kali membawa hasil yang bagus. Advanced SEO sendiri diterapkan untuk kondisi tertentu misalnya jika tingkat kompetisinya mengerikan, hasil yang diharapkan belum tercapai sementara dasar SEO sudah diletakkan dengan baik.

Dapatkan ebook Blog to Profit

Belajar bagaimana mendapatkan trafik organik dan penghasilan secepat mungkin untuk blogger pemula.

Mau dong!

Leave a Comment

Your email address will not be published.