Review dan Tutorial Keysearch, Tool Riset Keyword Murah Yang Bagus

Keyword adalah salah satu pilar SEO. Bahkan sebagian aktivitas SEO dilakukan berdasarkan keyword seperti menulis artikel, on page SEO, dan link building untuk menaikkan rangking keyword.

Dengan sendirinya keyword tool, alat untuk meriset keyword, juga menjadi penting. Masalahnya beberapa keyword tool yang bagus harganya mahal mencapai $90 lebih. Memang ada yang harganya murah tapi setelah saya coba beberapa di antaranya ternyata kurang nyaman dipakai, kecuali Keysearch.

Saya menyukai Keysearch terutama karena nyaman dan mudah dipakai, serta harganya murah. Untuk Starter hanya $17 per bulan dan Pro $34 per bulan, bisa dibayar menggunakan kartu kredit atau Paypal. Jujur rasanya lega ada Keysearch karena bagi saya menghabiskan $90-100 per bulan untuk biaya riset keyword itu mahal sekali.

Karena sejak versi gratisan Google keyword planner membatasi fiturnya, yaitu tidak menampilkan search volume spesifik, saya merasa berat. SEO adalah profesi saya dan keyword tool sangat saya butuhkan.

Saya terpaksa membeli tool yang mahal agar pekerjaan tetap lancar. Saya merasa boros sih, meskipun beli memakai uang klien tapi kalau lebih murah uangnya bisa dialokasikan untuk hal lain. Apalagi kalau beli dengan uang saya sendiri, makin terasa berat.

Saya menggunakan Keysearch terutama untuk riset keyword. Selain harga murah dan pemakaiannya yang mudah, berikut hal-hal lain yang saya sukai dari Keysearch.

  • Support keyword bahasa Indonesia. Ini penting sekali karena blog saya dan website klien saya sebagian besar berbahasa Indonesia.
  • Bisa memilih data keyword dari banyak sumber seperti Google, Youtube, Amazon, kompetitor, dan lainnya.
  • Site explorer, berguna untuk mengecek performa website kompetitor. Kita bisa tahu keyword apa saja yang terindeks untuk website kompetitor. Bisa tahu juga data backlink mereka dan bisa kita tiru link building-nya.
  • Rank tracking, untuk memonitor rangking keyword website kita.

Selain fitur di atas masih ada beberapa fitur lainnya yang belum pernah saya coba. Yang paling sering saya gunakan adalah fitur riset keyword dan site explorer.

Adakah kekurangan Keysearch? Ya, ada.

Menurut saya, seperti tool riset keyword lain, data search volume keyword tidak 100% akurat. Jadi kamu tidak usah bingung membandingkan dengan tool lain, yang search volume-nya akurat yang mana, karena tidak ada yang akurat sepenuhnya.

Namun tingkat keakuratan Keysearch sudah cukup untuk membantu kita menentukan keyword mana yang akan ditargetkan. Dan kira-kira seberapa trafik organik yang didapat jika berhasil rangking 1-5 untuk keyword tersebut.

Kamu Wajib Coba Keysearch

Jika ingin mengoptimasi SEO blog atau website, Keysearch wajib kamu miliki. Dengan paket Starter seharga sekitar Rp 250.000,- saja kamu bisa meriset keyword sendiri selama sebulan. Menurut saya itu sudah mencukupi, hasil keyword-nya bisa untuk bekal menulis blog dalam jangka panjang.

Kamu tahu kan SEO wajib hukumnya kalau ingin mendapatkan trafik dari Google? Maka menulis artikel berbasis keyword adalah sebuah keharusan. Dan untuk itu diperlukan data keyword apa saja yang dicari orang.

Selama ini menurut saya sebagian blogger dan pemilik website di Indonesia merasa berat menerapkan SEO karena budget riset keyword yang harus disediakan cukup mahal. Mau memakasi jasa riset keyword juga cukup mahal bisa 500 ribu ke atas, dan kadang kurang puas.

Keysearch membuat kita semua, yang ingin mendapatkan trafik organik, tidak ada alasan lagi menunda menerapkan SEO. Harganya murah dan beli sebulan saja kemungkinan sudah cukup untuk kebutuhan website kita.

Coba Keysearch sekarang, ada trial-nya juga.

Tutorial Meriset Keyword Menggunakan Keysearch

Keysearch mudah digunakan, begitu kita login akan langsung dibawa ke halaman riset keyword. Kebetulan saya sedang membuat artikel review makanan kucing Sheba, jadi akan saya contohkan meriset keyword untuk artikel tersebut.

#1 Di kolom enter keyword saya masukkan makanan kucing sheba. Location saya pilih Indonesia, kolom berikutnya saya pilih Related Keywords.

#2 Klik Search dan akan muncul hasilnya.

#3 Cek search volume dan search trends.

keysearch

Keysearch menampilkan search volume keyword makanan kucing sheba dan juga CPC-nya. Search trends keyword tersebut selama setahun terakhir juga ditampilkan. Jadi bisa terlihat apakah keyword tersebut masih ngetren atau tidak.

#4 Cek SERP analysis.

keysearch

Pada SERP Analysys kita bisa melihat website apa saja yang rangking di halaman pertama Google SERP. Ini berguna untuk mengecek tingkat kompetisi keyword. Terutama yang saya lihat adalah jumlah backlink yang dimiliki kompetitor.

Doms menunjukkan jumlah website yang memberi backlink ke halaman tersebut. Links menunjukkan jumlah total backlink yang dimiliki halaman tersebut.

Meski DA dan PA kompetitor cukup tinggi, tapi kalau backlink yang mereka miliki sedikit saya berani bersaing. Tinggal bangun backlink berkualitas yang lebih banyak.

#5 Cek related keywords.

keysearch

Pada kolom sebelah kanan adalah hasil keywords yang terkait dengan keyword makanan kucing sheba. Saya pilih beberapa keyword yang betul-betul relevan dengan makanan kucing Sheba.

Saya centang beberapa keyword itu lalu klik Export. Di Export ini kita bisa memilih apakah akan meng-export dalam format file CSV, PDF, TXT, atau meng-copy saja.

Gampang banget meriset keyword menggunakan Keysearch, kan? Hasilnya juga cukup memuaskan.

Dapatkan ebook Blog to Profit

Belajar bagaimana mendapatkan trafik organik dan penghasilan secepat mungkin untuk blogger pemula.

Mau dong!

Leave a Comment

Your email address will not be published.