Keyword (kata kunci) adalah kata atau frase yang digunakan oleh orang untuk mencari sesuatu di mesin pencari. Saat kamu mencari sesuatu di Google, kamu mengetikkan 1 atau beberapa kata, kata itulah yang disebut keyword.

keyword

Keyword dibagi menjadi beberapa jenis.

Jenis-Jenis Keyword Berdasarkan Search Volume

Head Keyword

Keyword dengan search volume sangat besar. Biasanya terdiri dari 1-2 kata, tidak mempunyai arti/intent yang jelas, dan sangat tinggi kompetisinya. Ini tipe keyword yang hampir selalu saya hindari untuk dioptimasi.

Contoh: sepatu. Keyword “sepatu” tidak jelas maksudnya, apakah orang yang menggunakan keyword itu mau mencari informasi tentang sepatu (sejarahnya, misalnya), atau mau membeli sepatu?

Body Keyword

Keyword dengan search volume besar. Biasanya terdiri dari 2-3 kata, mempunyai arti/intent yang lumayan jelas, dan kompetisinya tinggi. Ini tipe keyword yang saya optimasi untuk jangka panjang, saya tidak mengharapkan hasilnya tampak dalam waktu singkat.

Contoh: obat batuk. Keyword “obat batuk” cukup jelas maksudnya, yang dicari adalah obat untuk penyakit batuk. Tapi masih belum spesifik apakah orang mau membeli obat batuk, atau mencari informasi resep obat batuk herbal yang bisa dibuat sendiri?

Long Tail Keyword

Keyword dengan search volume kecil – sangat kecil. Biasanya terdiri lebih dari 3 kata, mempunyai arti/intent yang sangat jelas, dan tingkat kompetisinya rendah. Ini tipe keyword yang saya optimasi untuk jangka pendek.

Contoh: obat batuk tradisional untuk anak. Maksudnya sangat jelas, orang mencari resep obat batuk tradisional untuk anak yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Contoh lain: mengecilkan perut setelah melahirkan, cara menghapus akun instagram permanen, pola makan food combining untuk pemula.

Jenis-Jenis Keyword Lainnya

Keyword Informasional/Hiburan

Keyword ini digunakan orang untuk mencari informasi atau hiburan. Misalnya: apa ibukota jepang, gambar kucing lucu, cara menanam mangga.

Keyword Komersial

Orang menggunakan keyword ini untuk mencari jasa atau produk. Misalnya: novel john grisham bekas, jual charger samsung original, umroh murah surabaya, jasa seo jakarta selatan.

Keyword Branded

Keyword ini biasanya digunakan untuk mencari perusahaan, merek, individu, atau organisasi tertentu. Keyword branded bisa juga merupakan keyword komersial atau informasional. Contoh: biodata keanu reeves, wwf indonesia, jual sepatu basket nike air jordan.

Keyword Musiman

Keyword yang banyak digunakan orang hanya pada saat tertentu, dan di saat-saat lain keyword itu sepi pencarinya. Misalnya keyword “kumpulan ucapan lebaran”, ia akan banyak digunakan di bulan ramadan saja. Keyword “jual kambing qurban” paling banyak digunakan orang menjelang Idul Adha, sementara di waktu-waktu lain keyword itu jarang digunakan orang.

Keyword Jangka Pendek

Keyword ini berumur pendek, trennya pendek, biasanya terkait peristiwa tertentu yang terkenal di satu saat saja. Ketika peristiwanya sudah berlalu, keyword ini ditinggalkan orang. Saya lihat, jenis keyword ini banyak dimiliki oleh website berita online.

Saat film Avengers: Endgame sedang ramai dibicarakan orang, banyak yang menggunakan keywords “avenger endgame” untuk melakukan pencarian di Google. Namun sekarang, setelah filmnya berlalu, keyword itu sepi sekali peminatnya.

keyword jangka pendek

https://trends.google.com/trends/explore?geo=ID&q=avenger%20endgame

Contoh lain adalah keyword “quick count pilpres 2019”.

short term keyword

https://trends.google.com/trends/explore?geo=ID&q=quick%20count%20pilpres%202019

Saya harap tulisan ini membantumu lebih memahami tentang keyword. Di materi berikutnya kita akan belajar makna dibalik keyword: search intent.

No HTML was returned.