Tujuan, Fungsi dan Manfaat SEO Untuk Bisnis, Blog, Dll

Sekilas antara tujuan SEO, fungsi SEO, dan manfaat SEO sepertinya adalah hal yang sama. Ketiga hal tersebut saling berkaitan, namun sesungguhnya ada bedanya satu sama lain.

Tujuan SEO

SEO adalah alat untuk mencapai tujuan tertentu. Apa tujuan dari SEO tergantung tujuan dari sebuah website itu sendiri.

Dari pengalaman saya mengerjakan SEO untuk beberapa klien, tujuan SEO mereka adalah:

  • Meningkatkan penjualan produk.
  • Meningkatkan penjualan jasa.
  • Meningkatkan jumlah pelanggan.

Kalau mengerjakan SEO untuk website klien dari awal saya mencari tahu apa tujuan akhir mereka. Karena hal itu adalah tujuan sesungguhnya dari penerapan SEO pada website mereka.

Misalnya ketika saya menerapkan SEO pada website rental mobil untuk wilayah Bali. Tujuan akhir klien adalah agar makin banyak orang yang sedang berada di Bali menggunakan jasa rental mobilnya.

Jadi strategi SEO yang saya buat saya fokuskan pada tujuan tersebut. Saya hanya fokus meriset dan menaikkan rangking keyword yang digunakan orang ketika mencari rental mobil di Bali. Seperti rental mobil bali, rental mobil bali lepas kunci, dll.

Link building yang saya lakukan juga serelevan mungkin. Saya fokus membangun backlink pada blog-blog yang membahas transportasi dan wisata, backlink saya taruh di artikel yang temanya relevan dengan wisata Bali dan transportasi di Bali.

Karena klien tidak sekedar ingin mendapatkan trafik organik yang tinggi. Mereka ingin trafik tertarget yang berpotensi besar terkonversi menjadi pelanggan.

Sedangkan ketika mengerjakan SEO untuk blog-blog pribadi saya, tujuan SEO saya adalah menaikkan penghasilan blog dan agar tulisan saya dibaca banyak orang.

Fungsi dan Manfaat SEO

Berdasarkan pengalaman saya fungsi SEO yang pertama adalah agar halaman website terindeks dengan keyword yang tepat. Manfaatnya adalah agar bisa mendapatkan pengungung tertarget.

Klien saya pemilik rental mobil di Bali inginnya halaman website-nya terindeks dengan keyword yang sangat relevan dengan bisnisnya. Yaitu keyword yang digunakan orang di Google (search engine) ketika mencari jasa rental mobil di wilayah Bali. Keyword yang tidak relevan dengan bisnis klien saya tersebut tidak akan begitu ada gunanya.

Fungsi SEO yang kedua adalah untuk menaikkan rangking keyword yang telah terindeks. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan visibilitas website.

Ketika website klien saya terindeks dengan banyak keyword yang terkait dengan rental mobil di Bali dan keyword tersebut rangkingnya 1-10. Tentu website klien saya akan lebih sering muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Fungsi SEO yang ketiga adalah untuk menaikkan trafik organik (pengunjung dari search engine). Manfaatnya adalah menaikkan potensi tercapainya tujuan.

Ketika visibilitas website klien saya naik, trafiknya akan ikut naik. Dari pengalaman saya keyword rangking 1-3 mendapatkan klik (pengunjung) yang jauh lebih banyak dibanding keyword rangking 4-10. Apalagi jika dibantu dengan penulisan title dan description yang bagus.

Naiknya trafik tertarget akan semakin mendekatkan website klien saya dengan tujuannya. Yaitu mendapatkan sebanyak mungkin orang yang memakai jasa rental mobilnya di Bali.

Mencapai Tujuan SEO Perlu Kerja Keras

Satu hal yang ingin saya katakan dari pengalaman saya, untuk mencapai tujuan SEO itu tidak mudah. Jujur, perlu kerja keras. Kerja keras itulah yang sepertinya membuat banyak orang mundur dari mengerjakan SEO.

Perusahaan merasa sayang mengeluarkan modal lumayan besar untuk membayar jasa SEO yang bagus. Sedangkan perorangan seperti blogger dan lainnya merasa berat sekali untuk menerapkan SEO. Padahal manfaat SEO untuk bisnis dan perorangan bisa besar sekali.

Tapi, yang saya alami sendiri kerja kerasnya terutama di awal saja. Selanjutnya bisa lebih nyantai dan maintenance saja. Beratnya mengerjakan SEO tidak berlangsung selamanya.

Semakin keras SEO dikerjakan sekarang, semakin sedikit pekerjaan SEO yang nantinya selanjutnya dikerjakan. Karena trafik organik dan penghasilan (tercapainya tujuan) cenderung bertambah seiring dengan penerapan SEO. Maka ke depannya bisa tidak perlu bekerja sekeras seperti di awal-awal.

Image: English, Pixabay

Ebook Blog to Profit Cover

Dapatkan ebook Blog to Profit

Belajar bagaimana mendapatkan trafik organik dan penghasilan secepat mungkin untuk blogger pemula.

Klik Disini

11 Comments

  1. Saya lagi struggling belajar SEO dan menerapkannya ke blog saya. Setiap netapin kata kunci, malah kebablasan nulis bebas

    1. Gpp mbak. Saya pertama belajar SEO juga struggling dan bingung banget. Makin banyak praktek nanti makin terbiasa.

  2. sampyan memang jago soal SEO mas. blog yang bermanfaat. semoga makin kereen tulisan2!nya

    bermanfaat sekali buat pembaca yang awam soal dunia blog.

    yuk berkunjung juga ke http://www.gaetin.com

  3. Hukumnya hampir sama dengan kehidupan kita ya, semakin keras kita bekerja di waktu muda, semakin ringan beban masa tua nantinya, malas kita diwaktu muda, semakin besar yang harus kita kerjakan di masa tua. SEO juga seperti itu. Semakin kita menerapkannya di awal-awal blog, semakin ringan nantinya upaya penerapan SEO di masa mendatang untuk blog kita

    1. Betul mas. Insya Allah kalau tahan banting nerapin SEO di awal-awal, ke depannya jadi lebih mudah.

  4. Memang menulis sbuah artikel dengan menerapkan SEO sangat penting sekali, dan saya sudah merasakan manfaatnya.

  5. banyak sih manfaat SEO, bagi pengguna wordpress banyak dibantu tools, beda halnya dengan pengguna blogspot, butuh perjuangan untuk membuat artikel SEo. Namun, tak mengapa, lama-lama juga akan terbiasa

  6. Aku penasaran sekali bagaimana SEO ini bekerja. Karena mesin pencari selalu update algoritmanya kan yaa..
    Jadi apakah artikel dengan SEO yang baik akan bisa terus bertahan di pageone mesin pencari?
    Atau sebagai konten kreator memang kita kudu selalu memperbarui artikel/ konten jadul demi mengikuti algoritma yang ada?

    1. Ada SEO practice jadul yang udah gak mempan misalnya keyword stuffing, stolen content, article spinning, exact match domain, spam/harmful backlink, dll. Ada SEO practice yang bisa dibilang everlasting misalnya riset keyword, quality content, link building.

      Artikel dengan SEO yang baik bisa bertahan di page one. Alhamdulillah ada klien saya yang rangkingnya top 5 terus kira-kira sampai sekarang udah 5-7 tahunan.

      Dari pengalamans saya, untuk kebanyakan website nerapin dasar SEO aja hasilnya udah bisa bagus, pernah saya tulis di https://pambarep.com/jangan-meremehkan-dasar-seo/

  7. Dari istilahnya yang seperti bahasa dewa, lika-liku tentang SEO terasa njelimet di alam pikiran saya.
    Sepertinya membangun blog yang sempurna dari sisi SEO nya memerlukan effort yang besar dan harus memiliki team yang solid. Cocok untuk pebisnis yang serius.
    Kalo blogger yang menulis hanya untuk menumpahkan uneg-uneg tentang niche yang ia gemari, rasanya urusan SEO diserahkan pada keputusan Tuhan saja, hehehe.. dapet banyak pengunjung Alhamdulillah, gak juga gak apa-apa.. 😁😂

    1. Gak harus punya tim kok mas. Banyak blogger yang single fighter nerapin SEO buat blognya sendiri, ada yang punya beberapa blog juga. Effort besar terutama di awal dan kalau dijalani sebenarnya gak terlalu makan waktu juga dan cukup sederhana. Kendala terbesar bagi saya malah rasa bosan, karena task yang dilakukan ya itu-itu aja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.