Membantu Pembaca, Cara Ampuh Menghasilkan Uang Dari Blog

Salah satu cara ampuh untuk bisa menghasilkan uang dari blog adalah dengan membantu pembaca. Kok bisa?

Sebagian besar pembaca blogmu yang datang dari search engine dan sumber trafik lainnya adalah orang-orang yang asing bagimu. Mereka tidak tertarik padamu, mereka hanya peduli pada diri mereka sendiri.

Saat mereka menemukan dan membaca artikelmu mereka ingin dibantu, ingin mendapatkan sesuatu. Mereka ingin masalahnya dipecahkan.

Bagaimana kamu bisa membantu pembaca dengan artikelmu? Yaitu dengan membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca, yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan mereka.

Apapun metode monetasi yang kamu terapkan untuk blogmu, artikel yang berguna untuk pembaca akan sangat membantu menaikkan penghasilan blogmu.

Misalnya blogmu dimonetasi dengan:

Adsense

Kita tahu adsense membutuhkan trafik yang tinggi untuk bisa menghasilkan rutin setiap bulannya. Artikel yang biasa dimonetasi dengan adsense adalah artikel informasional seperti artikel wisata, tutorial, resep, dan sebagainya.

Bagaimana kamu bisa menolong pembaca dengan artikel informasional? Misalnya kamu menulis tentang wisata air terjun di suatu daerah. Jangan hanya menulis permukaannya, tulislah lebih mendalam.

Selain keindahan air terjunnya beri pembaca panduan agar wisatanya di tempat tersebut menjadi mudah dan menyenangkan. Kamu bisa menulis tentang rute menuju tempat itu, tiket masuk, kendala apa yang dihadapi dan solusinya, rekomendasi warung tempat makan yang enak dan murah, fasilitas di tempat wisatanya apa saja, rekomendasi penginapan yang nyaman, dan lainnya. Jangan hanya merekomendasikan sesuatu tapi usahakan untuk merekomendasikan yang terbaik.

Kalau kamu menulis tentang resep masakan jangan sekedar memberikan bahan-bahan yang diperlukan dan cara memasaknya. Berikan pembacamu lebih dari itu misalnya bahan alternatif jika bahan utama tidak ada, tips dan teknik memasak tertentu yang bisa menambah kelezatan masakan, sejarah singkat masakan tersebut, cara memanaskan dan menyimpan sisa masakan agar tidak basi, dan sebagainya.

Begitu pembaca mendapat manfaat yang maksimal dari tulisanmu mereka berpotensi jadi pembaca setia. Mereka pun akan tak segan untuk klik iklan adsense sebagai tanda terima kasih.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing mengandalkan menulis artikel yang merekomendasikan jasa atau produk tertentu. Dengan harapan pembaca akan tertarik membeli melalui link afiliasimu dan kamu mendapatkan komisi.

Tapi sekedar mereview sebuah produk kurang bisa membujuk pembaca untuk membeli. Meskipun kamu tuliskan segudang kelebihan dan fitur keren yang dimiliki sebuah produk. Orang tidak peduli pada fitur, mereka ingin tahu fitur itu manfaatnya apa buat mereka?

Jadi tulis saja fitur-fitur produk lalu kamu sampaikan ke pembaca setiap fitur tersebut manfaatnya apa. Misalnya kompor induksi menggunakan tenaga listrik (fitur), sehingga tidak perlu repot bongkar pasang tabung gas (manfaat).

Lalu carilah masalah apa yang sekianya dimiliki pembaca yang bisa diatasi dengan manfaat produk tersebut. Contoh, ada orang yang takut dengan kompor gas, atau tidak bisa memasang tabung gas, padahal mereka butuh memasak. Kompor induksi yang tidak memerlukan tabung gas adalah solusi bagi permasalahan mereka.

Ketika orang diberitahu kalau masalah mereka bisa diselesaikan dengan produk yang kamu tawarkan, kecenderungan mereka untuk membeli akan jauh lebih besar.

Sponsored Post

Sponsored post biasanya melibatkan penulisan review produk atau jasa. Prinsip membantu pembacanya sama dengan review produk untuk affiliate marketing. Pembaca akan lebih tertarik pada produk yang direview, sehingga kemungkinan brand mendapatkan trafik referal dari blog kamu lebih besar.

Value blogmu akan naik di mata brand, jika mereka nanti mempunyai produk yang lain untuk dipromosikan peluang blogmu mendapat job semakin besar.

Online Course

Kamu juga bisa memonetasi blog dengan menjual online course, kelas online, atau ebook. Kalau kamu terbiasa memberi pembaca blogmu artikel-artikel yang bermanfaat hal itu bisa meningkatkan penjuaan produk digitalmu. Orang akan berpikir kalau artikel yang free saja sudah demikian bermanfaat, tentu yang berbayar makin besar manfaat yang ditawarkan.

Menjual Jasa

Menjual jasa melalui blog cukup berat, bahkan meski kamu sudah menerapkan copywriting yang bagus pada halaman jasamu. Jarang orang yang sekali mampir ke halaman jasamu akan langsung order.

Mereka perlu diedukasi, diatasi penolakannya (misalnya menganggap harga kemahalan), dihapus keraguannya. Artikel blog bisa melakukan itu semua, sehingga akan mengikis lapis demi lapis kendala yang menghalangi orang untuk order.

Ada kisah nyata tentang Marcus Sheridan yang punya usaha jasa instalasi kolam renang fiberglass. Ketika terjadi krisis ekonomi di negaranya bisnis kolam renangnya terancam bangkrut.

Untungnya Marcus tidak menyerah, ia berusaha mempertahankan bisnisnya dengan cara blogging. Bersama rekan bisnisnya, ditulislah ratusan pertanyaan yang pernah ditanyakan orang pada mereka terkait kolam renang fiberglass. Mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur dan menuliskannya di blog.

Ketika krisis berakhir blog Marcus menaikkan bisnis perusahaan berkali lipat. Orang menyukai artikel blognya bahkan banyak yang memberi natural backlink. Rangking keyword menanjak naik dan trafik pun membanjiri blog.

Ternyata banyak sekali calon pembeli yang terbantu dengan artikel blog perusahaan. Tak jarang mereka membaca puluhan artikel tentang kolam renang fiberglass, yang mampu mengikis keraguan mereka untuk order.

Ketika calon pelanggan menemui Marcus dan timnya, mereka hanya mengajukan sedikit pertanyaan dan banyak yang langsung order. Hal itu menghemat waktu Marcus dan rekannya, dulu mereka menghabiskan waktu jauh lebih banyak untuk menemui dan mengedukasi calon pelanggan.

Menulis Artikel Yang Membantu Pembaca Yuk!

Bayangkan ada orang yang Googling dan menemukan artikel blogmu. Dia klik untuk kunjungi artikelmu.

Ketika dia membaca tulisanmu, apa yang dia dapat? Bahasan yang sekedarnya saja sehingga dia menekan tombol back pada browsernya. Atau matanya berbinar karena tulisanmu menjawab masalah yang sedang dia miliki?

12 Comments

  1. Wah keren dan lengkap banget infonya kak. Berharap juga suatu saat blog saya bisa diterima adsense dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

  2. Thats true, kak. Aku mulai serius ngeblog salah satu alasannya untuk memberi informasi yg mudah2an bermanfaat sesuai pengalamanku. Contohnya, saat aku hendak operasi usus buntu, aku nyari artikel pengalaman org lain yg oernah operasi usus buntu, aku ingin tahu seberapa menyeramkannya, tapi aku nggak nemu waktu itu. Alhasil aku bikin sendiri artikelnya sesuai pengalaman aku dan Alhamdulillah jadi artikel terlaris 🤣🤣

    1. Keren nih pengalamannya. Malah bisa nemuin topik yang banyak dicari tapi jarang ada blog yang ngebahas.

  3. Wah2, informasi mantap ini mas.. menarik sekali..

    Terus terang nih sya udah hampir setahun ini dapet pemasukan google adsense, tp blum pernah sih dapet jenis2 pemasukan lain macam afiliasi, sponsor & jual jasa.. masih bener2 membangun kerangka website..

    Oiya smoga bisa sharing mas ttg cara optimasi blog supaya peningkatan adsense kita bisa meningkat.. trims ya mas infonya

    1. Entah soal adsense mas. Akun adsense saya lagi masalah wkwkwkw

  4. Ah iya benar banget kalau lagi kebingungan pasang sesuatu lari ya ke google minta tolong, dan kalau nemuin jawabannya itu plong banget rasanya

  5. Senangnya kalau artikel yang kita tulis bisa membantu banyak orang karena merasa relate dengan kehidupannya.
    Dan ada banyak cara ternyata ya…yang bisa dilakukan seorang blogger untuk menghasilkan penghasilan dari blog yang dimilikinya.

  6. Whooaaa pengan banget bisa mulai menghasilkan uang dari blog. Tapi masih new bie blogger banget bisa gak sih kak? Thanks ya ka sudah sharing

    1. Bisa mbak. Monetasi blog bisa dimulai sejak awal ngeblog. Salah satunya bisa dengan affiliate marketing.

  7. Nice artikel mas. Pingin lebih serius nge blog nih, semoga bisa menghasilkan cuan juga

  8. Terima kasih infonya, Kak. Sampai sekarang saya masih belajar menghasilkan artikel berkualitas sekaligus menguntungkan.

  9. Menginspirasi vanget tulisannya kak.. ngga bisa sedetail itu cara mikirnya, tp sekarang jd tahu kak.. thankss

Leave a Comment

Your email address will not be published.