menulis artikel affiliate menjadi authority

Menulis Artikel Affiliate: Menjadi Authority

Apakah blogmu dimonetasi dengan affiliate marketing? Kamu menulis artikel-artikel review produk dan menyisipkan link afiliasimu di dalamnya?

Ada satu cara sederhana untuk membantu meningkatkan klik link afiliasi dan sales, yaitu dengan menaikkan authority artikelmu.

Authoriy bisa diartikan sebagai otoritas atau pihak yang memiliki kewenangan. Dalam dunia blogging juga berlaku authority, ada blog yang di mata pembaca seolah mempunyai kewenangan/kelayakan lebih dari blog lain untuk membahas tema tertentu.

Blog niche kepenulisan milik seorang penulis produktif yang cukup terkenal orang dan karyanya, tentu lebih dipercaya ketika membagikan tips menulis cerpen di blognya. Pembaca akan lebih yakin untuk menerapkan saran-saran menulis yang diberikan.

Konsep authority ini juga bisa diterapkan untuk menulis artikel affiliate. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan dan menghapus keraguan pembaca pada produk yang dipromosikan. Sehingga klik dan sales bisa meningkat.

Karena umumnya orang hanya menjadi ahli di bidangnya masing-masing. Sementara di bidang lain dia adalah orang awam, sekedar konsumen. Maka secara alami kebanyakan orang cenderung mencari saran dari mereka yang lebih paham tentang suatu hal.

Ketika orang mengunjungi artikel afiliasimu melalui search engine, mereka cenderung membutuhkan bantuan untuk menentukan dan memutuskan pembelian suatu produk. Kalau artikelmu sedikit banyak mempunyai authority maka sales bisa meningkat.

Ada 3 cara sederhana yang saya pakai untuk meningkatkan authority artikel affiliate.

Kuasai Produknya

Sebelum menulis artikelnya, luangkan waktu untuk mempelajari produk yang akan dipromosikan di artikel. Kamu bisa riset di artikel-artikel review yang sudah ada, di medsos produsen atau distributor produk, website produsen/distributor, dan marketplace official produk tersebut.

Kalau memungkinkan kontak produsen atau distributor, sampaikan kamu ingin mereview produk mereka. Dan mintalah bahan tulisan serta minta ijin menggunakan materi dari website, medsos, official marketplace mereka.

Saya sering melakukannya dan biasanya mereka memberikan brosur, katalog produk, video, materi presentasi, dsb. Sebagian bahkan sukarela memberikan produk gratis karena ingin mendapatkan real review.

Dengan memahami produknya kamu akan bisa menulis review dengan lebih baik. Review yang membantu pembaca menentukan pilihan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Dari situ pembaca bisa tahu kalau kamu tahu dengan baik tentang produknya.

Ceritakan Pengalamanmu Sendiri

Jika kamu pernah menggunakan produk yang kamu promosikan, gunakan pengalamanmu itu untuk meningkatkan authority artikel. Ceritakan pengalamanmu di dalam artikel, karena untuk artikel review produk opinimu mempunyai pengaruh pada pembaca. Mereka Googling dan kemudian menemukan artikelmu memang karena ingin membaca opini orang lain.

Contoh:

Empat tahun lalu saya membeli alat pelunak daging (meat hammer) merk XXX ini dan sejak itu sering saya gunakan sampai sekarang dan masih awet. Padahal awalnya saya ragu dengan harganya yang murah apakah bisa tahan lama. Saya juga suka dengan pegangannya yang dilapisi karet sehingga tidak mudah terlepas ketika tangan licin oleh keringat.

Authotiry juga akan naik jika kamu memposisikan dirimu sama dengan pembaca. Misalnya kamu dan pembacamu sama-sama pecinta kucing dan produk yang kamu promosikan terkait kucing. Atau kamu dan pembacamu suka membaca novel thriller dan artikelmu mempromosikan novel genre thriller.

Contoh:

Sama seperti kamu, saya juga sayang banget sama kucing saya dan sebisa mungkin memberikan yang terbaik untuknya, termasuk makanannya. Saya habis banyak uang untuk membeli banyak merk makanan kering untuk mencari yang paling bagus bagi kucing saya.

Kriteria saya adalah kucing saya harus suka karena kalau tidak dimakan nutrisi sebaik apapun dalam makanan tidak akan bermanfaat. Kedua saya amati efek makanan tersebut pada kucing saya apakah dia ceria, bulunya cemerlang dan tidak kusut, badannya jadi berisi tapi tidak kegemukan, dan apakah ada timbul masalah seperti gangguan pencernaan atau hairball.

Akhirnya saya menemukan 3 merk dry food yang paling cocok untuk kucing saya. Memang hanya 1 merk yang sekarang saya berikan pada kucing saya, yang 2 lainnya untuk cadangan jika stok di pet shop langganan sedang kosong.

Perbanyak Artikel Informasional Yang Setopik

Selain menulis artikel review yang dimonetasi dengan affiliate marketing, perbanyak juga artikel informasional yang temanya sama. Kalau kamu sering mereview alat-alat memasak maka perbanyak juga menulis artikel tips dan teknik memasak, resep masakan, bahan masakan, dan semacamnya.

Dari sisi SEO hal itu akan membantu Google mengetahui seberapa relevan blogmu dengan terhadap tema tertentu. Yang dari pengalaman saya bisa membantu rangking keyword lebih mudah naik.

Dalam hubungannya dengan artikel affiliate, akan ada pembaca yang masih ragu dengan reviewmu sebagus apapun tulisanmu. Mereka akan melihat-lihat blogmu dulu sebelum memutuskan untuk mempercayai opinimu.

Banyaknya artikel informasional yang setopik dengan reviewmu akan meningkatkan rasa percaya pembaca, bahwa kamu menguasai tema yang kamu tuliskan.

Mereka akan berpikir, “Ternyata orang ini tahu banyak soal kuliner.”

Atau, “Lumayan cakep juga pengetahuan blogger ini soal skincare.”

Mereka bisa berakhir pada kesimpulan bahwa reviewmu bisa dipercaya dan tidak ragu lagi untuk klik link afiliasimu dan melakukan pembelian.

Image: Magic Creative, Pixabay

Ebook Blog to Profit Cover

Dapatkan ebook Blog to Profit

Belajar bagaimana mendapatkan trafik organik dan penghasilan secepat mungkin untuk blogger pemula.

Klik Disini

5 Comments

  1. Wah keren mas Pur.. Prospeknya ke buku dan aktifnya ini patut di acungi jempol. Salut banget..❤️

  2. Belum pernah coba affliate gini, tp kayanya cukup ngaruh yaa sebagai sumber cuan. Thanks ka sudah sharing

    1. Ngaruh banget mbak. Satu artikel yang rangking keyword nya bagus bisa dapat lumayan per bulan. Dan minimum payout nya kecil sekitar 100 ribu.

  3. Ingin sekali belajar mengenai kepenulisan artikel afiliasi.
    Karena belum paham mengenai cara kerjanya namun berharap topik yang dibawakan bisa relate dengan topik utama di blogku.

    1. Bisa mbak. Kalau tema Korea bisa promosi yang terkait Korea: makanan, alat masak, hp, fashion, paket wisata, hotel.

Leave a Comment

Your email address will not be published.