7 Quotes Penyulut Motivasi Blogger

Saya mengumpulkan dari berbagai sumber, beberapa quote favorit saya yang bisa menjaga dan menyulut motivasi blogger.

Jangan membandingkan perjalananmu dengan perjalanan orang lain. Bandingkan perjalananmu dengan dirimu sendiri.

Quote ini cukup sering saya dengar dari beberapa blogger.

Dulu di awal ngeblog hingga beberapa tahun setelahnya, saya suka membandingkan blog saya dengan blog-blog lain yang lebih sukses. Hal itu menyebabkan saya jadi kurang percaya diri, merasa bodoh, merasa jadi blogger yang lemot. Akibatnya ngeblog jadi kurang menyenangkan bagi saya.

Padahal setiap orang mempunyai perjalanannya sendiri-sendiri. Ada yang lebih dulu mulai ngeblog sehingga pertumbuhan blognya sudah lebih jauh. Ada yang mulainya hampir bersamaan tapi karena lebih pintar dari saya maka pertumbuhan blognya juga lebih bagus.

Akhirnya saya sadar orang terbaik yang patut dibandingkan dengan saya ya diri saya sendiri. Apakah bulan ini artikel blog saya lebih banyak dari bulan sebelumnya? Apakah bulan ini trafik blog saya lebih tinggi dari bulan sebelumnya?

Apakah bulan ini backlink blog saya lebih banyak dari bulan sebelumnya? Apakah penghasilannya lebih bagus dari bulan sebelumnya?

Ketika saya berkompetisi dengan diri sendiri, dari waktu ke waktu saya terpacu untuk menjadi lebih baik. Tanpa mengalami tekanan dan stres yang berlebihan.

Ngeblog akan lebih mudah dengan strategi yang baik. Namun strategi blogging tidak akan berhasil dengan baik jika tidak dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Saya suka sekali membuat strategi atau perencanaan setiap membuat blog baru. Karena membantu saya untuk tetap terarah, lebih mudah mencapai goal, dan mengurangi distraksi.

Namun harus sabar, karena menumbuhkan blog butuh waktu. Menulis artikel, menerapkan SEO, riset keyword, riset bahan tulisan, hingga membangun backlink semuanya butuh waktu. Menunggu backlink yang sudah dibangun memberikan efek yang baik pada rangking keyword juga butuh waktu.

Saya menulis ebook Blog to Profit yang berisi strategi (blueprint) ngeblog untuk mendapatkan trafik organik dan penghasilan dengan lebih cepat. Saya tulis berdasarkan pengalaman saya mencari uang lewat ngeblog, dan kemudian saya terapkan blueprint tersebut saat saya membuat blog baru.

Meskipun di ebook itu saya buat langkah-langkahnya seefektif dan seefisien mungkin, untuk melihat hasilnya tetap diperlukan waktu.

Langsung mulai saja, belajarnya sambil jalan. Jangan cuma mengumpulkan teori dari waktu ke waktu.

Quote ini selain saya dapatkan dari blogger juga dari seorang peternak domba.

Memulai ngeblog tanpa ilmu sama sekali itu tidak bagus. Namun sibuk mengumpulkan ilmunya dan menunda action juga tidak bagus. Ambil jalan tengahnya, belajar dasar-dasarnya lalu langsung praktekkan.

Selanjutnya pengalamanmu ngeblog akan mengajarimu dan memaksamu untuk belajar banyak hal. Betapa pun banyaknya teori yang kamu kumpulkan, saat sudah praktek kamu akan menghadapi kendala yang bisa jadi tidak sesuai teori, dan dari situ kamu akan mendapat pelajaran.

Tanyakan pada dirimu: konten apa yang ingin terus kutulis di blogku sampai 10 tahun kemudian, bahkan sampai aku mati nanti? Jadikan jawabannya sebagai niche blogmu.

Saya menggunakan 4 parameter untuk memilih niche blog terutama blog yang didesain untuk menghasilkan uang. Yaitu passion atau kesukaan, skill atau pengetahuan, potensi trafik organik, dan potensi monetasi.

Sangat penting bagi saya menulis di blog dengan tema sesuai passion atau hal-hal yang saya sukai. Agar saya bisa ngeblog dengan gembira. Dan agar bisa lebih sukses, karena dengan menulis sesuai passion/kesukaan akan membuat saya dengan senang hati belajar lebih mendalam tentang tema itu.

Karena temanya adalah hal yang saya sukai tentu sedikit banyak saya sudah memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dari sebagian orang. Sehingga konten yang saya hasilkan akan lebih bermanfaat dan lebih mendalam isinya.

Kuantitas menghasilkan kualitas. Semakin banyak atau semakin sering kamu melakukan sesuatu, akan semakin tinggi skill yang kamu miliki.

Selain dari ngeblog, quote ini juga bersumber dari pengalaman saya mempelajari hal lain seperti beladiri, memasak, merawat kucing, mengukir, dll. Dalam banyak hal, repetisi atau pengulangan yang terus-menerus sangat membantu membangun skill.

Teruslah menulis di blog, menerapkan SEO, membangun backlink, teruslah belajar dan praktek. Dalam hitungan beberapa bulan atau setahun saja kamu akan melihat perkembangan yang bagus pada kualitasmu sebagai blogger dan juga pada blogmu.

Semua blog yang bertrafik dan berpenghasilan tinggi dimulai dari nol pengunjung dan nol penghasilan.

Jadi semuanya sama seperti saya, seperti kamu, sama-sama memulai dari nol. Dari blog yang kosong hingga diisi satu artikel dan terus berlanjut. Tidak hanya para blogger yang sudah sukses, saya dan kamu pun mempunyai potensi sukses yang besar.

Semakin keras kamu bekerja pada blogmu saat ini, semakin sedikit pekerjaan yang akan kamu lakukan di masa depan.

Ngeblog yang paling berat biasanya di awalnya. Ketika mulai mengisi blog dengan artikel-artikel, meriset keyword, menerapkan SEO, membangun backlink, dan seterusnya.

Namun lambat laun akan semakin sedikit hal yang harus kamu lakukan. Karena kalau kamu terus bekerja pada blogmu maka trafik, penghasilan, dan authority blogmu akan semakin naik. Blogmu akan menjadi aset yang semakin lama semakin kuat.

Akan ada hal-hal menyenangkan yang terjadi pada blogmu. Artikelmu rangking di page one untuk keyword yang kompetisinya cukup lumayan tanpa harus capek membangun backlink. Brand lebih mudah menyetujui fee yang kamu minta dibanding di awal ngeblog yang fee-mu ditawar melulu.

9 Comments

  1. mantap mas, booster buat pemula seperti saya. kesukaan saya “Kuantitas menghasilkan kualitas. Semakin banyak atau semakin sering kamu melakukan sesuatu, akan semakin tinggi skill yang kamu miliki.” mantap!

  2. Saya, yang saat ini termasuk masih sering “minder” karena rajin membandingkan diri dengan blogger lain, jadi terpacu dan lebih optimis setelah baca tulisan ini. Memang paling benar rasanya bersaing dengan diri sendiri dulu ya. Dan hal-hal baik pun akan datang dengan sendirinya.

  3. Jadi semakin semangat buat ngeblog nih… Buat yang mau mulai cocok banget sama quote ini: “Langsung mulai saja, belajarnya sambil jalan. Jangan cuma mengumpulkan teori dari waktu ke waktu.”

  4. sepakat pak, wajar kan ya semangat naik turun, jeda sejenak untuk mengumpulkan energi supaya pas kembali bisa lebih bersemangat lagi, terma kasih ya quote motivasinya

  5. Setuju banget sih bahwa “Semua blog yang bertrafik dan berpenghasilan tinggi dimulai dari nol pengunjung dan nol penghasilan.” Tapi nyatanya suka sedih kalau belum bisa berbuat banyak maksimal dalam blognya, yg which is menghasilkan. Hooo thanks ka tipsnya!

  6. mantaap.. ini semua quote nya ngena banget buatku mas, jadi bahan introspeksi dan evaluasi buatku, nambah semangat ngeblog juga.. makasih banyak sharingnya

  7. Haturnuhun.
    Quotenya sangat inspiratif dan membuatku sadar bahwa konsistensi ini penting ketika melakukan aktivitas blogging. Aktivitas apapun sebenarnya yaa.. Tapi dengan menulis blog, kita punya parameter kita sendiri, target kita sendiri dan yang paling penting adalah kantor kita sendiri. Tinggal seberapa besar effort yang kita keluarkan untuk terus mencetak pundi-pundi penghasilan darinya.

  8. Keren bangetttt.. Buat aku yang tertatih tatih nge blog. Bangun jatuh bangun jatuh ann.. Makasi kak sharingnya.. Quotenya bener benr ngena buat memotivasi

  9. The big why ngeblog itu apa? Pertanyaan sederhana yg relate dengan salah satu quotes untuk para blogger di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.